Bisnis

2018, Ekonomi Jatim Diproyeksikan Tumbuh 5,6 Persen

12
×

2018, Ekonomi Jatim Diproyeksikan Tumbuh 5,6 Persen

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Perekonomian Jawa Timur diyakini mampu mencatat pertumbuhan di tengah berbagai tantangan yang ada.. Seiring dengan itu ekonomi pada tahun 2018 diproyeksikan akan mencapai 5,2 persen hingga 5,6 persen. Sedangkan kredit dan pembiayaan juga diperkirakan mengalami tumbuh di kisaran 10 – 12 persen.

Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah mengatakan angka tersebut terlihat dari cercermin dengan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 9 persen hingga 11 persen, sementara itu inflasi juga diperkirakan masih terkendali di kisaran 3,5 persen.

“Kami optimis pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada tahun depan bisa meningkat dengan ditopang oleh konsumsi swasta yang juga diperkirakan tumbuh secara gradual, meskipun belum sekuat pola historisnya,” katanya dalam paparan di pertemuan tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2017 dan Outlook Perekonomian 2018.

Selain itu, konsumsi pemerintah juga mengalami peningkatan secara positif seiring berlangsungnya proyek-proyek pembangunan infrastruktur seperti, jalan tol Trans Jawa maupun non-Trans Jawa, pembangunan bandara, serta beberapa pelabuhan

BI berharap, agar proyeksi pertumbuhan ekonomi tersebut dapat tercapai harus adanya sinergitas kinerja dari seluruh stakeholder di Jatim.

“Ke depan, kita akan mengahadapi tantangan yang masih berat. Untuk itu, kita harus bergerak maju dan meningkatkan sinergi atas seluruh institusi dengan misi bersama guna mewujudkan Jawa Timur sebagai provinsi yang makmur, ” tambahnya.

Untuk mendukung prediksi tersebut, dalam konteks kebijakan moneter sesuai tupoksinya, Bank Indonesia (BI) akan mengambil kebijakan moneter untuk terus menjaga inflasi dalam kisaran sasaranya, serta mengendalikan defisit transaksi berjalan dalam tingkat yang aman.

Penguatan operasi moneter terus ditempuh untuk menjaga kecukupan likuiditas, yang dalam prosesnya akan membantu terjaganya stabilitas suku bunga , BI pada tahun depan juga akan memperkuat stabilitas rupiah.

“Dalam hal ini kami terus mendorong upaya mengurangi ketergantungan terhadap mata uang tertentu, melalui peningkatan penyelesaian transaksi perdagangan bilateral dengan menggunakan mata uang lokal atau Local Currency Settlement (LCS),” papar Difi.

Ditambahkan, langkah yang dilakukan BI sebagai upaya mitigasi risiko nilai tukar rupiah dan BI menyempurnakan pengaturan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaan utang luar negeri, korporasi non-bank, dan mendorong perbankan domestik untuk mampu menyediakan instrumen lindung nilai yang lebih efisien bagi korporasi.

“Selain mendukung program dari pemerintah pusat, secara regional BI pada tahun 2018 akan memerankan sebagai strategic advisor bagi pemprov. Dalam pengendalian inflasi daerah, BI Provinsi Jawa Timur akan terus bersinergi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk menjalankan roadmap terhadap pengendalian laju inflasi yang telah ditetapkan. Khusus untuk itu BI berkordinasi dengan pemda untuk mengintensifkan upaya kerjasama feasibillity study potensi investasi bersama stakeholder terkait,” pungkas Difi.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur turut memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap kontribusi pengusaha yang telah menjadi mitra informasi terbaik, pelapor terbaik dan responden survei terbaik Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur selama tahun 2017.

Dalam sambutannya, Soekarwo menyampaikan bahwa Jawa Timur menjadi peringkat 1 dalam tingkat kemudahan berbisnis (ease of doing business) tahun 2017, dari 3 (tiga) aspek yaitu daya tarik investor, keramahan bisnis serta kebijakan yang kompetitif.

“Hal ini diharapkan dapat mendorong minat pengusaha dan investor untuk meningkatkan investasi di Jawa Timur. Kolaborasi pemerintah dan swasta juga perlu terus ditingkatkan, untuk mendukung terciptanya sumber-sumber pembiayaan baru pembangunan ekonomi Jawa Timur melalui program Public Private Partnership dan Corporate Bond untuk mendorong akselerasi perkembangan ekonomi Jawa Timur ke depan,” paparnya.

Mengingat tantangan yang berat untuk Jawa Timur kedepan maka Gubernur mengharapkan semua pihak terus meningkatkan sinergi antar seluruh institusi untuk mewujudkan Indonesia dan Jawa Timur yang semakin makmur, inklusif, sejahtera, dan berkeadilan. (q cox, Dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *