35 Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu hasil Pemilu Tahun 2019 diambil sumpah/janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Eryusman.SH, Senin (26/08/19).

35 Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dengan masa jabatan 2019-2024 dilantik dalam Rapat Paripurna Istimewa dipimpin Ketua DPRD lama H. Supiansyah serta wakil ketua H. Hasanuddin dan H. Alfia Rahman.

Prosesi peresmian anggota DPRD baru itu diawali pengucapan sumpah/janji serta penandatangan berita acara sumpah secara simbolis dari perwakilan.

Dalam pengambilan sumpah ini tertuang dalam Nomor 188.44/ 0686/kum/2019 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu masa jabatan Priode 2019-2024.

Pada peresmian itu juga diumumkan Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Tanah Bumbu periode 2019-2024 yakni Ketua Sementara H. Supiansyah dan Wakil Ketua Sementara H. Alfia Rahman.

Dikesempatan itu, ketua DPRD Tanbu sementara H. Supiansyah mengungkapkan. Dalam pengambilan sumpah ini telah mewujudkan kebersamaan antara peserta Pemilu yang berlainan bendera partai.

“Saat Pemilu kemarin begitu tajam persaingan kerena berlainan partai. Nah sekarang ini sudah tak ada lagi perbedaan. Mari kita satukan tujuan untuk membangun Tanah Bumbu yang lebih maju dan sejahtera bagi masyarakat nya,” ujar H. Supiansyah.

Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor dalam sambutannya mengatakan, bahwa jajaran Pemerintah Daerah turut mengucapkan selamat kepada seluruh Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, yang pada hari ini di ambil sumpah dan janjinya.

Dan kepada anggota DPRD Tanah Bumbu Periode sebelumnya, jajaran Pemkab juga turut mengucapkan ribuan terimakasih atas kerjasama dalam rangka menindaklanjuti aspirasi masyarakat ke dalam ranah kebijakan Pemerintah.

“Melalui pengambilan sumpah ini diharapankan, akan semakin meningkatkan kinerja DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dalam penyelenggaraan pemerintahan yang dinamis.serta senantiasa membangun sinergitas antara eksekutif dan legislatif,” ucapnya.

Menurut dia, berkenaan dengan Pengucapan Sumpah atau Janji Anggota DPRD yang dilaksanakan pada hari ini, DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, hendaknya tidak saja mampu menjaga marwah sebagai wakil rakyat, akan tetapi juga mampu menjunjung tinggi sumpah dan janji yang telah diucapkan, dalam upaya mewujudkan keberhasilan program pembangunan.

Terutama dalam upaya memberikan pelayanan yang beradab kepada masyarakat, mulai dari perencanaan sampai pada pelaksanaan tugas, dengan indikator yang berorientasi seluas-luasnya terhadap kepentingan masyarakat umum, bukan kepentingan pribadi atau golongan tertentu.

“Artinya birokrasi publik harus dapat memberikan layanan yang lebih profesional, sederhana, transparan, tepat waktu, responsif, dan ber-adab. Sebab saat ini, kondisi masyarakat kita, khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu terus berkembang dinamis, baik secara sosial maupun ekonomi,” imbuhnya

Menurut Bupati ,Masyarakat saat ini cendrung semakin kritis dalam terkait tuntutan keinginan dan aspirasi. Hal demikian sebagai bukti bahwa masyarakat semakin serius untuk melakukan kontrol terhadap apa yang di lakukan eksekutif maupun legislatif.

“Untuk itu kami berharap, anggota DPRD Tanah Bumbu terus berkolaborasi, dan semangat membangun antara anggota DPRD yang kembali terpilih dan yang baru,”pungkasnya.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Supiani, meminta anggota dewan yang baru dilantik mampu meningkatkan kinerjanya,baik dalam pelaksanaan fungsi legislasi,anggaran maupun pengawasan bagi kemajuan pembangunan di daerah ini.

“Saya berharap anggota dewan yang baru dilantik mampu mewujudkan harapan masyarakat,baik berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan ,pelayanan publik, pengembangan kehidupan demokrasi, maupun peningkatan daya saing daerah,” sebutnya dalam kesempatan itu.

Seiring dengan itu, sambungnya, ,masyarakat juga menuntut penyelenggara pemerintahan daerah agar lebih baik,lebih transparan dan mampu membawa pada kesejahteraan yang lebih baik.

“Harapan masyarakat tersebut harus terus disuarakan,sebagai wujud aspirasi bahkan juga kritik dan pengawasan publik,” ucap Gubernur

Gubernur juga menyampikan,bahwa pemerintah daerah dan DPRD mempunyai tanggung jawab atas keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah, oleh karenanya kerjasama, koordinasi, komunikasi dan pelaksanaan fungsi masing-masing harus terus ditingkatkan.

“Kita juga perlu mencari langkah-langkah inovasi agar kemajuan daerah bisa lebih pesat, masyarakat lebih sejahtera, dan berbagai masalah dapat teratasi termasuk kemiskinan,”lanjutnya.

Selain itu Gubernur juga berharap kehadiran anggota DPRD akan lebih meningkatkan kinerja dewan dan bisa memenuhi harapan masyarakat agar dewan benar-benar memperjuangkan kepentingan masyarakat, menjunjung tinggi supermasi hukum, serta punya empati dengan kondisi kehidupan masyarakat yang diwakilinya.

Sementara itu, acara dihadiri sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah setempat,Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem beserta Jajarannya. Serta ketua Tim PenggerakPKK Hj.Sadariah dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Tanah Bumbu (DWP Tanbu) Hj. Mulyawati. (q cox, Imran)

Reply