Aksi 1 Juta Tanda Tangan Untuk Save Dahlan Iskan

Aksi pengumpulan 1 juta tanda tangan yang dilakukan oleh komunitas #savedahlan ternyata bertujuan untuk memberikan support moral kepada agar Dahlan Iskan agar tetap tegar dan terus berjuang meski menyandang status tersangka, bukan mempengaruhi proses hukumnya.

SURABAYA (SPNews) – Dukungan moril terhadap Dahlan Iskan tersangka sebagai tersangka kasus dugaan korupsi gardu induk PLN terus mengalir. Ribuan tanda tangan dibubuhkan warga Kota Surabaya terhadap mantan Dirut PLN.

Tak kurang dari 25 meter kain putih dibentangkan di acara Car Free Day (CFD) di Jalan Raya Darmo, Surabaya, Minggu (7/6/2015).

Ribuan tanda tangan dibubuhkan warga yang menikmati CFD, tak hanya tanggapan positi, tanggapan negatif juga terlontar dari warga atau menolak membubuhkan tanda tangan.

“Ini sebuah dukungan moril kita untuk Pak Dahlan agar tetap tegar dan terus berjuang demi rakyat kecil,” kata Siti Nasiah, koordinator aksi #savedahlan di sela sela aksi tandatangan di CFD sekitar Taman Bungkul.

Ita sapaan akrab Siti Nasiah juga menegaskan jika dukungan moril yang digalakkannya bukan bertujuan agar status tersangka mantan menteri BUMN itu ditangguhkan. “Bukan itu tujuan kami. Kami hanya memberi support agar pak Dahlan tetap tegar dan terus berjuang meski menyandang status tersangka,” tegas dia.

Aksi tanda tangan, kata Ita juga dilakukan serentak di beberapa kota besar di Indonesia. “Yang nantinya akan kita jahit seluruh kain yang ditandatangani. Target kita 1 juta tandatangan dengan 5 ribu meter kain,” imbuh Ita.

Selain dukungan tanda tangan, beberapa model cantik juga terlihat membawa poster bergambar wajah Dahlan Iskan dalam CFD.

Sementara warga yang membubuhkan tanda tangan, tidak hanya orang dewasa. Tapi anak anak juga ikut mendukung dan memberikan tanda tangannya diatas kain putih. “Saya kenal Pak Dahlan, kasihan Pak Dahlan. Tidak mungkin bapak baik menjadi tersangka,” ujar Desi siswa SD di kawasan Surabaya Utara sambil ditemani ibunya.

Ada juga warga yang menolak memberikan tanda tangan. Seperti diungkapkan seorang warga pria paruh baya. “Tidak mau saya tanda tangan dukungan. Wong Dahlan koruptor kok malah didukung,” ujarnya pada peserta aksi sambil berlalu. (q cox)

Reply