Baznas Kabupaten Sidoarjo Segera Bagikan 5000 Kupon Zakat Fitrah

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sidoarjo telah menyiapkan 5000 kupon zakat fitrah yang rencananya akan segera dibagikan ke fakir miskin pada Minggu (2/6/2019), menjelang hari raya Idul Fitri, di Pendopo Kabupaten.

Namun hari ini, Baznas Sidoarjo juga telah membagikan 301 kupon zakat fitrah kepada sejumlah lembaga, seperti Mushola, Masjid, TPQ, Ponpes, Panti Asuhan dan sebagainya.

Wakil Ketua III Baznas Sidoarjo, Ilham Udin mengatakan, jika untuk tiap kalangan lembaga ini mendapatkan 25 kg, sedangkan untuk fakir miskin tiap orang mendapatkan 3 kg.

Dari catatan Ilham, kelompok lembaga yang mendapatkan zakat fitrah ini jumlahnya menurun dibanding tahun 2018 lalu, karena pada tahun 2018 mencapai 300 lebih.

“Kelompok lembaga yang tahun ini mengajukan permohonan zakat fitrah kepada Baznas Sidoarjo jumlahnya menurun,” kata Ilham.

Selain 5000 kupon zakat fitrah, Baznas juga tetap menyediakan 1000 paket beras zakat non kupon, sebagai antisipasi untuk warga fakir miskin susulan.

Warga susulan tanpa kupon ini biasanya didominasi kalangan pengemis dan pemulung yang datang dari luar Sidoarjo.

Beras zakat pakai kupon ini, disebar di wilayah Kota Sidoarjo dan sekitarnya, diantaranya di Kec Buduran dan Kec Candi, yang setiap desa/kelurahan mendapatkan jatah 100 kupon beras zakat fitrah.

Selain itu juga dititipkan melalui bendahara OPD di sejumlah kecamatan, diantaranya Kec Jabon, Porong, Tanggulangin, Waru, Sukodono, Wonoayu dan Tulangan.

“Untuk pembagian beras zakat fitrah bagi fakir miskin ini akan kita bagi mulai pada pukul 14.00 sampai pukul 17.00,” kata Ilham.

Untuk pembagian beras bagi fakir miskin ini, direncanakan akan dihadiri dan diserahkan secara simbolik oleh Bupati Saiful Ilah. (q cox, NH)

Reply