Begini Cara Wali Kota Surabaya Cegah Peredaran dan Penggunaan Narkoba Sejak Dini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mempunyai cara tersendiri untuk menekan penyalahgunaan narkoba yang mulai masuk hingga ke tingkat Sekolah Dasar. Risma membentuk tim khusus bersama BNN Kota Surabaya untuk melakukan tes narkoba secara acak pada siswa sekolah.

“Sekarang tim kita turun ke SD dan SMP bersama BNN. Kalau ketemu anak anak selalu ada tes narkoba,” kata Risma usai memberi ceramah dan bantuan di SMP Kartika dan SMK Siang di Simogunung Barat Tol I, Kamis (1/12/2016).

Menanggapi ditemukannya 4 siswa SMK Siang dan 1 siswa SMP Kartika positif narkoba, Risma akan berkoordinasi dengan BNN Kota Surabaya untuk melakukan pembinaan dan rehabilitasi pada siswa yang positif narkoba.

“Kita treatment secara khusus, agar anak tidak makin terperosok, sekarang penangannannya tidak ditahan tapi direhab. Tapi tergantung pendalamannya, karena ada yang memang sudah jadi pengedar, kita tunggu hasilnya (pendalaman) dari BNN,” ungkap Risma.

Dalam kesempatan yang sama Risma juga memberikan bantuan dari hasil pengumpulan sumbangan untuk sekolah di lingkungan Pemkot Surabaya kepada SMP Kartika dan SMK Siang.

“Ini ada scanning dari tim pemkot terutama dari sekolah yang orangtuanya tidak mampu. Kita kumpulkan barang untuk warga dan siswa yang membutuhkan,” ujar Risma.

Selain itu Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini juga memberika ceramah semangat kepada siswa agar tidak minder dengan kondisi sosial keluarga.

“Semua itu punya kesempatan yang sama, jangan minder. Ayo raih prestasi, raih keberhasilan. Saya berikan beasiswa bukan untuk mereka yang sudah kaya tapi untuk kalian. Jangan minder,” tegas Risma pada siswa. (q cox)

Reply