Nasional

Beri Kenyamanan Kepada Pemudik, Jasa Marga Benahi Rest Area

10
×

Beri Kenyamanan Kepada Pemudik, Jasa Marga Benahi Rest Area

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews.net) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melakukan sejumlah pembenahan dan strategi dalam mengelola Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau _rest area sebagai upaya memperlancar arus mudik dan balik lebaran 2018.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengatakan dalam keterangan persnya rest area_ merupakan lokasi yang krusial dalam pelaksanaan arus mudik atau arus balik setiap lebaran, dan kerap menyebabkan kepadatan arus lalu lintas di dalam jalan tol.

“Oleh karena itu, Jasa Marga melakukan serangkaian upaya guna menjamin kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan tol, khususnya pemudik. Jasa Marga menerapkan sistem manajemen _rest area_, salah satunya adalah _rest area moniroring_ yang merupakan terobosan baru sebagai sebuah sistem yang dapat mengawasi seluruh wilayah _rest area,” katanya.

Rest area monitoring_ merupakan sistem pengawasan dengan menggunakan teknologi CCTV, yaitu dengan memasang CCTV yang berfungsi untuk _Vehicle Counting_ dan _Surveillance_ yang dapat mendeteksi jumlah dan jenis kendaraan yang masuk dan keluar rest area, serta menghitung ketersediaan lahan parkir, sehingga dapat memandu petugas dalam pengaturan lalu lintas di rest area.

Kamera atau CCTV _counting_ dan klasifikasi kendaraan ditempatkan pada akses masuk dan keluar _rest area_. Hasil counting dan klasifikasi kemudian akan ditampilkan di Variable Message Sign (VMS) atau layar display pada akses masuk _rest area_. Petunjuk ini juga dapat memberikan pilihan kepada pengguna jalan untuk memilih _rest area_ yang akan disinggahi, dengan melihat kapasitas parkir yang tersedia.

Ruas Jakarta-Cikampek:
1. Rest Area Km 19.
2. Km 39 A.
3. Km 57 A.
4. Km 62 B.
5. Km 42 B.

Ruas Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi):
1. Km 72 A.
2. Km 72 B.
3. Km 97 B.
4. Km 88 A.
5. Km 88 B.

Ruas Palimanan-Kanci (Palikanci):
1. Km 207 A.

Sementara itu Jasa Marga juga telah menambah 43 lokasi _top up_ uang elektronik yang tersebar di gerbang-gerbang tol yang dikelola oleh Jasa Marga maupun anak usahanya.

Sebelumnya, Jasa Marga telah memiliki 13 lokasi top up uang elektronik yang tersebar di berbagai ruas jalan tol yang dikelolanya. Dengan penambahan 43 lokasi _top up_ tersebut, kini Jasa Marga telah memiliki total 56 lokasi top up di seluruh Indonesia. (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *