Jatim Raya

Beri Selamat Megawati, Puti Guntur: Otonomi Harus Memperkuat NKRI

11
×

Beri Selamat Megawati, Puti Guntur: Otonomi Harus Memperkuat NKRI

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno menyampaikan selamat atas penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Gelar itu pertama kali diberikan IPDN, di kampus Jatinangor, Sumedang Jawa Barat, Kamis (8/3/2018).

“Saya sampaikan selamat untuk Ibu Megawati Soekarnoputri. Kami bangga dengan segenap perjuangan Ibu yang didedikasikan untuk Indonesia Raya,” kata Puti Guntur di Surabaya, tadi siang.

Gelar Doktor Honoris Causa itu diterima Megawati yang ke-7 kali. “Ibu Megawati memiliki pengetahuan pemerintahan yang luas. Beliau konsisten menegakkan demokrasi dalam bingkai NKRI,” kata Puti.

Menurut dia, poin terpenting dari penghargaan Doktor Honoris Causa yang diterima Megawati, hari ini, adalah pelaksanaan desentralisasi yang berkesinambungan untuk Indonesia Raya.

Dijelaskan, pada UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah ditetapkan, pelaksanaan otonomi daerah dilakukan melalui desentralisasi, dekonsentrasi dan asas tugas pembantuan.

“Pelaksanaan otonomi daerah, selain harus memacu kemajuan daerah, juga  memperkuat NKRI dan pemerintahan pusat,” kata pasangan Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) itu.

Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno telah ditetapkan kandidat Pilkada 2018 oleh KPU Jawa Timur. Dalam visi misi, paslon nomor 2 itu menegaskan komitmennya untuk memperkuat NKRI.

“Gus Ipul dan saya berkomitmen untuk menjaga ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan prinsip-prinsip kebhinekaan. Kami berdua juga berkomitmen untuk memperkuat pemerintah pusat,” kata dia.

Kemarin, Puti Guntur menegaskan komitmennya untuk memperkuat Nawacita dari pemerintahan Presiden Jokowi. “Pelaksanaan otonomi daerah tidak boleh terlepas dari NKRI,” kata Puti. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *