Jatim Raya

Bersama Komunitas Seduluran Homeschooling, Rumah Sains Gelar “Indonesia Main Sains”

22
×

Bersama Komunitas Seduluran Homeschooling, Rumah Sains Gelar “Indonesia Main Sains”

Sebarkan artikel ini

SIDOARJO (Suarapubliknews.net) – Rumah Sains bersama Komunitas Seduluran Homeschooling menyelenggarakan acara bertajuk “Indonesia Main Sains” di Rumah Pintar Juanda Sidoarjo sekira pukul 08.00 wib. Senin (26/3/2018)

Acara yang akan diikuti oleh 150 orang, terdiri dari kelompok SD Surabaya Sidoarjo, anak anak homeschooling, lengkap beserta orang tua dan para pendidik. Diantaranya SDN kapasan 5, SDN simokerto 5, SDN Simokerto 6, SDN simolawang, SDN kedurus, SD Islam Aulia Prambon, Kampung dolanan dan tentu saja dari Komunitas Seduluran Homeschooling Surabaya

Mengapa Sains? Karena berdasarkan survey dari Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK LIPI Bahwa 54 persen dari 1.829 responden di 10 kota besar di Indonesia tidak paham dan tertarik pada Ilmu Pengetahuan Sains ( Sumber Republika).

Bagaimana dengan anak atau murid SD?. Tidak kalah mengherankan, dalam survey juga disebutkan bahwa kemampuan literasi, teoritis, dan praktik sains anak anak Indonesia masih kalah dengan negara di kawasan Asia Pasifik bahkan dunia.

Fenomena itu yang menggerakkan Rumah ILMA bersafari keliling kota di Indonesia untuk memberikan pelatihan secara gratis kepada murid SD, Guru, serta Orang tua beraneka ragam permainan sains.

Dalam acaranya, para peserta diajak bermain beraneka ragam prinsip dasar Sains dengan media percobaan yang mengasyikkan dan anti jenuh. Permainan nanti bisa terus dipraktikan di rumah bersama orang tua atau teman sepermainan.

Acara ini sukses menyita perhatian di banyak kota, karena diikuti oleh peserta dari Surabaya, Sidoarjo dan Probolinggo. Acara yang berlangsung lebih kurang 4 jam ini menggandeng Komunitas Seduluran Homeschooling Surabaya.

Acara ini dipimpin langsung oleh Kak A Muzi Marpaung, beliau adalah founder dari Rumah Sains Ilma. Yakni sekelompok orang tua yang memang memilih jalur pendidikan alternatif berupa pendidikan berbasis keluarga. Anak anak yang masuk dalam komunitas Seduluran Homeschooling ini berjumlah lebih kurang 35 orang yg tetap.

“Perlu dimasyarakatkan, krn acaranya bagus. Semoga di rumah bisa dipraktekkan,” Kata Yusron Efendi salah satu orang tua peserta

Sementara menurut Asia Hermawan, peserta dari Seduluran Homeschooling,”Saya suka sama Acaranya, soalnya menambah ilmu, dan Kakak Pemateri dan MCnya lucu,” ucapnya.

Dan Erika, salah satu panitia menyampaikan, “Saya tidak menyangka antusias peserta luar biasa. Adek-adek semangat banget praktek bermainnya” tuturnya.

Bahkan kesan baik juga disampaikan oleh Dicky yang didaulat sebagai pembawa acara (MC),”Saya suka sekali memandu acara ini. Anak2 begitu bergairah dan tak henti-hentinya, seperti nggak ada capeknya. Saya aja capek, tapi mereka wow. Jadi seneng memandu acara edukatif ini” akunya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *