Nasional

BPK Kalsel Imbau Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan

9
×

BPK Kalsel Imbau Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Pengelolaan Keuangan harus dilakukan secara Akuntable, hal itu dilakukan sejatinya akan memberikan dampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalsel, Tornanda Syaifullah dihadapan jajaran Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) pada acara entry meeting yang digelar di ruangan Bersujud I Kantor Bupati Tanbu, Senin (03/02/2020).

Dia paparkan, salah satu indikator keberhasilan sebuah daerah dalam mengelola keuangannya, selain dapat dilihat dari perolehan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK, juga dapat dilihat dari meningkatnya kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat serta meningkatnya kualitas pelayanan bidang kesehatan dan pendidikan.

“Di sinilah perlunya menjaga komitmen bersama dari seluruh jajaran pemerintah daerah untuk secara kolektif berupaya menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar terkhusus pada aspek tata kelola keuangannya,” sebut Tornanda Syaifullah.

Dikatakannya pula, kegiatan entry meeting itu juga diproyeksikan sebagai pertemuan untuk menandai dimulainya laporan pemeriksaan keuangan satu daerah.

Oleh karenanya, ia berharap seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) sudah menyiapkan diri untuk menyajikan data dan informasi yang nantinya diminta pihaknya.

Dibagian lain Tornanda juga mengatakan sangat mengapresiasi prestasi yang sudah diraih Tanbu yang sudah mendapatkan opini WTP yang ke enam kalinyanya dari BPK.

“Di sinilah yang saya sebut tadi perlunya menjaga komitmen bersama, jangan sampai tanpa adanya komitmen bersama prestasi itu akan mengalami penurunan,” tegasnya.

Senada dengannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu H Rooswandi Salem juga menekankan perlunya menjaga komitmen dijajaran SKPD agar peningkatan kualitas pengelolaan tata kelola keuangan daerah yang sudah dicapai tidak mengalami penurunan.

“Opini WTP yang sudah kita raih enam tahun berturut-turut ini hendaknya kita jadikan sebagai semangat menjaga komitmen, yang itu semua kita wujudkan berupa peningkatan kualitas kinerja seluruh SKPD yang tentu saja sasaran target kolektif kita adalah semakin meningkatnya kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat Tanah Bumbu,” kata Sekda.

Terkait dengan kegiatan entry meeting dan berlanjut dengan pemeriksaan interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkab Tanbu TA 2019 itu Sekda mengharapkan akan ada proses pembelajaran berkelanjutan yang diberikan oleh para auditor BPK kepada jajaran Pemkab Tanbu, sehingga performa pengelolaan keuangan daerah Tanbu dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Sementara itu untuk diketahui, pada pemeriksaan tahun ini, Tim auditor BPK yang melakukan pemeriksaan di Tanbu terdiri tujuh orang yakni, Tornanda Syaifullah sebagai Penanggung Jawab, Suherman selaku Wakil Penanggung Jawab, Syahrezza Athariq selaku Pengendali Teknis, Heru Agung Marwoto selaku Ketua Tim, dan tiga anggota tim yakni Kiki Suryandhini, Thofan Iriawan serta Siti Disyacitta Nastiti. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *