BPKP Kalsel Dorong Simda Perencanaan Pemkab Tanbu Lebih Baik

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Badan Pengawas Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Propinsi Kalimantan Selatan mendorong Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) yang akan menerapkan Sistem Informasi Manajemen Daerah  (SIMDA) perencanaan.

Perwakilan BPKP Kalsel Selamat Simanulang mengatakan. Hal ini dinilai penting dalam rangka  menjalankan program pemerintah sesuai dengan perencanaan yang lebih baik. Hingga tidak berdampak pada masalah pelanggaran hukum akibat dari perencanaan yang kurang memadai.

Adapun  arti penting sebuah perencanaan. Menurut Selamat Simanulang, perencanaan itu adalah 50 persen dari satu kegiatan.

“Kalau perencanaannya sudah bagus maka dijamin  50% nya akan mencapai hasil yang lebih bagus,” kata Selamat Manulang saat memberikan sambutan dalam acara Launching Dan  Workshop SIMDA Perencanaan diruang Rapat Setda Senin (20/11).

Kedepannya sambung Selamat Simanulang SIMDA perencanaan akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan di Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu

“Kita berharap dengan adanya sistem Perencanaan SIMDA ke depan maka implementasi  sistem informasi pembangunan Tanah Bumbu ke depan akan semakin lebih bagus,” terangnya.

Dalam Kesempatan itu Wakil Bupati Tanah Bumbu H.Sudian Noor menyampaikan. Pemkab Tanbu  sangat mengapresiasi atas dorongan pihak BPKP kepada jajaran SKPD dalam menata kembali sistem perencanaan yang lebih baik.

Dikatakannya melalui Workshop  dan lounching ini akan ada pemahaman pihak SKPD dalam rangka tertib administrasi dan akuntabilitas pelaksanaan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah. Selain itu juga  bagian  upaya meningkatkan kualitas SDM aparatur dengan tujuan pemanfaatan aplikasi SIMDA perencanaan penataan keuangan daerah.

“Dengan demikian launching  SIMDA Perencanaan diharapkan  mampu diterapkan dengan baik di lingkup SKPD masing-masing. Sehingga proses tata kelola keuangan untuk pelayanan masyakarat dapat berjalan dengan cepat transparan, efektif dan akuntabel,” pungkasnya.

Sementara itu, acara tersebut juga ditandai dengan MOU Launching SIMDA perencanaan oleh Plt.Sekda Tanbu Ir H..Erno Rudi Handoko dengan pihak BPKP Kalsel Selamat Simanulang. (q cox, Imran)

Reply