Buka Pendaftaran Caleg, DPC Demokrat Surabaya Patok 12 kursi Legislatif dan 70 Persen Suara Untuk Khofifah-Emil

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – DPC partai Demokrat Kota Surabaya membuka pendaftaran calon legislatif (Caleg) sampai tanggal 20 Maret 2018. Penjaringan ini terbuka untuk umum, berlaku untuk kader internal dan eksternal.

Menurut Herlina Harsono Njoto Ketua Bapilu DPC Demokrat Surabaya, ada satu syarat penting bagi para calon pendaftar Caleg di partainya, yakni jumlah dukungan minimal.

“Caleg harus bisa memenuhi syarat dukungan minimal yakni 300 orang warga ber KTP, yang ditunjukkan dengan surat pernyataan,” ucapnya kepada sejumlah wartawan. Selasa (27/2/2018)

Politisi perempuan yang kini menduduki posisi Ketua Komisi A DPRD Surabaya ini juga mengatakan bahwa kuota untuk perempuan masih seperti sebelumnya yamni 30 persen

“Hanya saja untuk kali ini, kami siapkan kuota sebanyak 20 persen untuk caleg eksternal, dan untuk jumlah pendaftar tidak dibatasi, karena nanti akan dilaksanakan seleksi dan verifikasi internal,” katanya.

Dengan target 12 kursi di legislatif, jajaran pengurus DPC Demokrat Surabaya yang belum lama dilantik ini terus melakukan inovasi penguatan jaringan dengan cara menggalang dan memperbanyak kader di tingkat anak ranting.

Hal ini disampaikan Dedy Prasetyo Sekretaris DPC Demokrat Surabaya, bahwa saat ini seluruh posisi kepengurusan di tingkat PAC, Ranting dan Anak Ranting telah terisi.

“Kami sudah berhasil mengisi kekosongan pengurus di semua tingkatan dan wilayah, maka target 12 kursi itu bukan asal sebut, tapi sudah diperhitungkan sebelumnya dan realistis,” tuturnya.

Sementara menurut Ratih Retnowati Ketua DPC Demokrat Surabaya, langkah penguatan jaringan dan pembukaan pendaftaran Caleg ini juga otomatis akan berimbas kepada dukungan terhadap pasangan calon Khofifah-Emil di kontestasi Pilgub Jatim 2018.

Wakil Ketua DPRD Surabaya ini juga menegaskan jika upaya dan hasil perolehan suara yang bakal didapat oleh paslon nomer satu di wilayah Surabaya adalah merupakan kerja bersama seluruh jajaran, maka tidak ada tekanan apalagi sanksi kepada jajarannya.

“Saya tidak akan memberikan sanksi apapun kepada seluruh jajaran pengurus di semua tingkatan, berapapun perolehan suaranya nanti, karena ini kerja bareng. Namun dengan kepengurusan saat ini, kami sangat yakin bisa menyumbangkan suara sebanyak 70 persen untuk paslon nomer satu,” optimisnya.

Demikian juga dengan target 70 persen suara untuk paslon Khofifah-Emil, DPC Demokrat Surabaya juga mengaku tidak asal buka suara.

“Ini tidak asal, hitungan matematisnya jelas, suara riil Khofifah yang lalu 37 persen dan pakde Karwo 40 persen,” pungkasnya. (q cox)

Reply