Bupati Sidoarjo Gelar Acara Pelepasan 4 Pejabat Eselon II Karena Jelang Masa Pensiun

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Di Pendopo Delta Wibawa, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah melepas empat orang pejabat eselon II di lingkup Pemkab Sidoarjo karena akan segera memasuki masa pensiun tahun 2019 ini, Selasa (9/7) kemarin.

Data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab Sidoarjo, empat pejabat eselon II itu, dilepas Bupati Sidoarjo, bersamaan dengan 172 ASN di Kab Sidoarjo lainnya, yang juga akan pensiun tahun 2019 ini.

Empat pejabat eselon II itu diantaranya, Kadis Kominfo Sidoarjo Drs Y Siswoyo MSi, yang akan pensiun per Agustus 2019. Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Sidoarjo Ir Endang Soesijanti MSi juga per Agustus 2019, Kepala Bappeda Sidoarjo Ir Agus Budi Tjahyono per September 2019 dan Kadis Kelautan dan Perikanan Sidoarjo Ir M Sholeh MSi per Oktober 2019.

Meskipun empat pejabat eselon II itu belum pensiun, namun SK pensiun mereka sudah diserahkan lebih dulu oleh BKD Sidoarjo melalui Bupati Sidoarjo. Mereka juga menerima secara simbolis Tabungan Asuransi Pensiun (Taspen) mereka.

Menurut Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan ASN dari BKD Sidoarjo, Rahmat Satrijawan SSos MHP, selain empat pejabat eselon II itu yang akan menerima SK pensiun, juga akan diberikan pada 12 ASN dari eselon IV, fungsional guru 135 ASN, fungsional kesehatan satu ASN, fungsional pertanian satu ASN dan fungsional umum 23 ASN.

”Total ada 176 ASN, mereka nanti akan ada yang pensiun Per Agustus, September dan Oktober 2019,” jelas Satriawan, dalam kegiatan itu.

Satriawan mengatakan ASN di Kab Sidoarjo yang tiap tahun memasuki masa pensiun cukup banyak. Pada tahun 2018 lalu ada sekitar 500 sampai 600 ASN Sidoarjo yang pensiun. Meski banyak ASN yang pensiun, namun untuk mengurus SK pensiun dan mengurus Taspen, ASN Sidoarjo tidak terlalu sulit.

Karena di BKD ada aplikasi online yang bisa dimanfaatkan oleh OPD untuk mengurus keperluan, bila ada ASN ditempatnya yang akan memasuki masa pensiun. Dan dalam keperluan mengurus Taspen.

Sementara itu, Kepala BKD Sidoarjo, Ridho Prasetyo SSTP MAP mengatakan, untuk mengisi banyak ASN yang pensiun, tahun 2019 ini pihaknya sudah mengusulkan CPNS 2019 kepada Kemenpan RB sebanyak 947 orang. Sedangkan dalam jalur perekrutan pegawai dengan cara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) mengusulkan sebanyak 2.641 orang.

”Semua masih menunggu persetujuan MenPAN RB,” kata Ridho.

Dalam kesempatan itu, Bupati Saiful Ilah, menyatakan rasa terima kasihnya pada para ASN yang akan memasuki masa pensiun. Karena atas jasa mereka juga ikut berperan positif bagi pembangunan di Kab Sidoarjo selama ini. (q cox, NH)

Reply