Car Free Day di Surabaya Jalan Terus, Car Free Night Dihapus

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Mulai minggu depan (1/1/2017), Car Free Day di Kota Surabaya tetap akan digelar. Kepastian ini disampaikan oleh Musdiq Ali Suhudi Kepala Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Surabaya bahwa pada hari itu bukan termasuk dalam hari-hari keagamaan.

“Sampai saat ini keputusannya masih akan digelar,” kata Musdiq, Senin, (26/12/2016).

Namun begitu, Musdiq mengaku masih akan menggelar rapat koordinasi dengan pihak kepolisian dan jajaran terkait untuk penyelenggaraan CFD itu.

“Besar kemungkinan kami tetap gelar CFD itu, karena tidak ada alasan untuk meniadakannya,” kata dia.

Menurut Musdiq, CFD Minggu lalu memang senagaja ditiadakan karena bertepatan dengan hari keagamaan, yaitu Natal. Bahkan, pada hari keagamaan lainnya biasanya ditiadakan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

“Kalau waktu Natal ditiadakan karena memang untuk mobilitas penduduk yang melaksanakan ibadah keagamaan,” ujarnya.

Sementara soal Car Free Night di malam tahun baru 2017 memang beda konteksnya, bahkan rencananya Pemerintah Kota Surabaya akan meniadakan Car Free Night, karena dinilai penjagaannya terlalu berat.

Selain itu, jumlah petugas keamanan di Surabaya juga terbatas, padahal harus menyebar di seluruh Kota Surabaya. “Makanya, mending kami menyebar di tempat keagamaan untuk mengamankan Kota Surabaya ini,” ujarnya. (q cox)

Reply