Cegah Banjir ROB, Pemkot Surabaya Bangun Tanggul di Pantai Kenjeran

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Tanggul sepanjang 350 meter dengan lebar 6 meter akan segera dibangun oleh Pemkot Surabaya di Pantai Kenjeran, untuk mengantisipasi datangnya banjir yang di akibatkan oleh naiknya permukaan air laut (ROB).

Tanggul ini berada di wilayah kampung nelayan Kejawan Lor Kenjeran kelurahan Kenjeran kecamatan Bulak. Hal ini disampaikan oleh Iman Kristian Kabid Perumahan dan Permukiman Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang (PU CKTR) Kota Surabaya.

“Tujuannya untuk mencegah banjir ROB agar tidak masuk ke pemukiman warga, selain itu juga untuk jalan inspeksi sama saluran tepi. Agar warga tidak kebanjiran,” terang Iman saat dikonfirmasi, Sabtu (13/1/2018).

Menurut dia, awalnya rencana pembangunan ini berharap pendanaan dari pusat, namun karena ada pembatasan maka Pemkot Surabaya memilih untuk mengalokasikannnya.

“Mulai ngurug sampai pemasangan tanggul biaya dari pemkot semua. Untuk anggarannya kurang lebih Rp 4 milliar dan masih dievaluasi, karena baru pengusulan mau lelang,” jelasnya.

Sebenarnya, pekerjaan pengurugan sudah mulai dilakukan tahun lalu (2017), namun untuk lanjutannya yakni pekerjaan struktur jalan dan saluran masih dalam proses lelang.

“Batasnya dari rumah pompa kenjeran sampai batu-batu.” tuturnya.

Terpisah, Suprayitno Camat Bulak Surabaya mengatakan bahwa pembangunan tanggul akan semakin memberikan jaminan keselamatan dan ketenangan warga nelayan yang tinggal di pemukiman sekitar tanggul.

“Jadi rencana untuk tanggul dan jalan di kampung nelayan Kejawan Lor Kenjeran, juga untuk memberikan pengamanan dan kenyamanan warga kampung disitu, apalagi juga akan dibangun jalan untuk nelayan melaut,” terangnya. (q cox)

Reply