Nasional

Ciptakan Pemuda Wirausaha Baru, Pemkab Tanbu Gelar Bimtek CEFE

18
×

Ciptakan Pemuda Wirausaha Baru, Pemkab Tanbu Gelar Bimtek CEFE

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) –Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Competency Based Economies Through Formotion Of Enterprises (CEFE) di Aula Hotel Chandra Asri Batulicin, 5 – 12 Juli 2017.

Acara tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada pemuda calon wirausaha baru di Tanah Bumbu.  Bimtek CEFE yang dilaksanakan di ikuti peserta sebanyak 20 pemuda calon wirausaha baru.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanbu, Anwar Salujang saat memberikan pembekalan dan materi kepada peserta calon wirausaha baru, mengatakan wirausaha merupakan salah satu pilar perekonomian bangsa yang sudah teruji mampu bertahan pada saat krisis ekonomi global. Karena wirausaha merupakan bisnis yang bercirikan keuletan, keberanian mengambil resiko, dan mandiri.

“Wirausaha merupakan paduan beberapa aspek yang terintegrasi seperti aspek keuangan, manajemen, organisasi, produksi, dan pemasaran. Oleh karena itu, kuasai penuh semua aspek tersebut agar mampu menjadi wirausaha muda yang tangguh, mapan, dan berdaya saing,” sebut Anwar Salujang.

Ia berharap, melalui Bimtek ini, para peserta nantinya benar-benar bisa meningkatkan pengetahuan dibidang kewirausahaan sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah serta mampu mengurangi pengangguran.

Sementara  itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming menyambut baik dengan dilaksanakanya Bimtek CEFE oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang bertujuan untuk menciptakan pemuda wirausaha baru di Tanah Bumbu.

Bimtek yang dilaksanakan ini diharapkan dapat memotivasi generasi muda untuk menjadi wirausaha sehingga kedepannya selain menumbuhkan perekonomian tentunya diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru di Tanah Bumbu.

Sementera itu, Kepala Bidang Industri pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tanbu, Fityanto mengatakan  pada kesempatan Bimtek tersebut juga dilakukan penilaian proposal Bussines Plan dari 20 peserta Bimtek CEFE oleh Nova Safri Wibowo dari Bank Kalsel Cabang Batulicin dan Dwi Suriestina dari BRI Cabang Batulicin.

Dari 20 peserta yang mengikuti Bimtek CEFE, pihak panitia pelaksana akan memilih 5 orang dengan nilai tertinggi dan terbaik untuk di kirim mengikuti pelatihan di Jawatengah. Mereka yang diberangkatkan selain diberi materi pengelolaan keuangan juga akan magang di perusahaan-perusahaan pangan. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *