Dandim 0809 Kediri jadi Inspektur Upacara di Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

KEDIRI (Suarapubliknews) – Upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari Selasa tanggal 1 Oktober 2019 dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri di halaman belakang Kantor Pemkab Kediri.

Bertindak sebagai (Irup), Dandim 0809 Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno dan sebagai Komandan Upacara adalah Kapten Inf Muryono (Danramil 0809/19 Pagu), yang dihadiri seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Kediri

Peserta upacara terdiri dari ASN di lingkup Pemkab Kediri, Kades beserta perangkat desa Kec. Ngasem dan Kec. Gampengrejo serta mahasiswa, dan pelajar SMP, SMA.

Upacara berlangsung sangat khidmat demi menghormati para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Selain itu dibacakan pula Ikrar olah Ketua DPRD Kab. Kediri Dodi Purwanto.

“Kami yang melakukan Upacara pada hari ini menyadari sepenuhnya, bahwa sejak proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam maupun luar negeri terhadap NKRI,” ucanya.

Maka, lanjut dia, di hadapan Tuhan YME dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi Keutuhan NKRI”. Jelas sepenggal ikrar yang dibacakan oleh Ketua DPRD Kab. Kediri.

Ditemui usai upacara, Dandim 0809 Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno mengatakan, peringatan hari Kesaktian Pancasila mengusung tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”, bahwa Pancasila bisa menyatukan berbagai macam keanekaragaman bangsa Indonesia.

“Itulah harapan kita semua. Dihadapkan dengan situasi saat ini dimana banyak sekali terjadi tantangan di beberapa wilayah Indonesia, tentunya kita harus tetap bersatu dengan memiliki visi misi yang sama untuk memajukan Indonesia di atas kepentingan pribadi maupun golongan,” katanya

“Untuk para generasi muda khususnya di Kabupaten Kediri, pesan Dandim, harus bisa tetap menjaga situasi yang kondusif seperti sekarang ini. Harapan kita bisa menjadi pelopor dalam upaya memberantas berita-berita hoaks pemecah bangsa. Harus disaring sebelum disebar. (q cox, Iwan)

Reply