Deklarasi Kampaye Damai, Ketua KPU Jatim : Pilgub Jatim Guyub Rukun

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menggelar deklarasi kampanye damai di halaman parkir Maspion jl Ahmad Yani Surabaya.

Acara ini melibatkan dua pasangan calon yang telah ditetapkan yakni Gus Ipul-Puti dan Khofifah-Emil. Namun juga dihadiri Soekarwo Gubenur Jawa Timur, Kapolda Jatim dan Pandam V Brawijaya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito menyampaikan bahwa deklarasi ini merupakan progam KPU RI yang dicanangkan secara nasiona.

“KPU Jatim sepakat untuk melaksanakan proses  dan tahaoan pilgub jawa timur 2018 secara damai tertib, aman dan bergembira ,” Ujarnya. Minggu (18/2/2018)

Dalam proses pergantian pemimpin, kata Ekos Sasmito, merupakan sesuatu hal yang biasa dilakukan.

“Mau tidak mau dalam lima tahun sekali akan tetap melaksanakan hal ini (pilkada), artinya bahwa kondisi ini akan rutin dilaksanakan,” tuturnya.

Menurut dia, dalam pemilu lima tahun sekali ini, rakyat diberikan kesempatan untuk memutuskan siapa yang menjadi pemimpinnya melalui pemilihan, seperti pemilihan presiden, Legislatif, maupun kepala daerah, dan diharapkan bisa memanfaatkan kepercayaan masyarakat untuk memilih pemimpin dengan baik.

“Kita sudah sepakat bahwa pilgub jawa timur akan dilaksanakan dengan guyub rukun, yang artinya guyup penuh kebersamaan, dan rukun itu penuh kerukunan tidak ada proses kekerasan, dan semua persoalan bisa diselesaikan dengan dialog,” paparnya.

Eko juga menegaskan bahwa pihaknya akan turut berusaha mencegah kegiatan yang berbau sara, money politic, dan melawan ujaran kebencian maupun berita hoax,.

“Dan deklarasi ini merupakan komitmen bersama untuk mewujudkan proses     pilgub jatim dengan damai, aman, tertib dan bergembira, Pilgub Jatim Guyub Rukun, Pilgub Jatim Guyub Rukun, Pilgub Jatim Guyub Rukun,” pungkasnya seraya diikuti seluruh undangan yang hadir. (q cox)

Reply