Politik

Dewan Minta Dinkes Lakukan Sweeping Jajanan Sekolah, Diknas Pertegas Aturan

21
×

Dewan Minta Dinkes Lakukan Sweeping Jajanan Sekolah, Diknas Pertegas Aturan

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Kabar soal jajanan sekolah yang diduga mengandung zat adiktif (narkoba) memang sedang ramai diperbincangkan, bahkan cenderung meresahkan. Salah satu jajanan yang dicurigai berbentuk permen yang dijual Rp 1000 per batang di beberapa kantin sekolah dan pedagang di luar sekolah.

Hasil operasi permen yang terindikasi mengandung zat adiktif (narkoba) ini cukup mencengangkan, karena jumlahnya cukup banyak dan ternyata memang sedang digemari oleh anak-anak.

Menanggapi hal ini, Agustin Poliana Ketua Komisi D DPRD Surabaya memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya atas langkah-langkahnya terkait adanya kabar jenis jajanan sekolah yang diduga mengandung unsur zat narkoba.

“Itu memang baru isu, karena memang belum ada kepastian, masih diteliti, namun kami mengapresiasi kepada Diknas Surabaya, karena membeli jajan diluar itu sebaiknya memang dilarang, karena tidak tau seberapa aman, ini merupakan bentuk pengawasan yang baik dari pemkot Surabaya,’

Bahkan politisi perempuan asal FPDIP ini juga meminta kepada Dinas Pendidikan (Dispendik) dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya untuk menanggapi serius, sekaligus membuat langkah-langkah antisipasi, karena menyangkut masa depan siswa.

“Mendorong Diknas untuk membuat surat edaran pelarangan itu, hanya saja pertanyaannya, apakah orang tua wali murid juga menyetujui soal pelarangan membeli jajanan diluar, karena biasanya, hanya tau memberikan uang jajan tanpa memperdulikan apa yang akan dibeli dan dimakan saat berada di lingkungan sekolah, padahal seharusnya bisa turut meminimalisir resiko itu,” tandasnya.

Untuk itu, Komisi D DPRD Surabaya yang membidangi Kesra mendorong Dispendik Kota Surabaya untuk membuat surat edaran pelarangan kepada seluruh siswa (TK,SD dan SMP) membali jajanan di luar kanti sekolah, dan bila perlu dilakukan sweeping.

“Dilakukan sweeping terhadap seluruh PKL yang jualan jajanan yang terindikasi tidak sehat, tidak hanya di sekolah tetapi ditempat-tempat lain, seperti tempat mengaji, les dsb,” tegasnya.

Oleh karenanya, Komisi D DPRD Surabaya yang membidangi Kesra akan segera memanggil dinas terkait yakni Dispendik dan Dinkes Surabaya untuk dimintai penjelasan terkait langkah-langkah antisipasinya.

“Kami akan mengundang Diknas, sekitar besok hari Jumat terkait pembiayaan SMA/SMK dan isu soal jajanan yang terindikasi membahayakan kesehatan anak,” pungkasnya. (q cox)

Berikut adalah data soal hasil Operasi Permen yang terindikasi Narkoba oleh Kecamatan, pada hari Senin 6 Maret 2017

1. Kec : Gunung Anyar SD Al Islah, Perolehan: 2 botol, SD Miftahul Ulum ( jl.Rungkut Tengah) Perolehan: 16 botol

2. Kec : Simokerto SDN Simokerto 6/139 Perolehan: 14 botol, SD YPPI(Jl.Donokerto ll/18 Perolehan: 19 botol

3. Kec : Gubeng SDN Mojo Vl/225( Jl. Mojo Klangru Kidul no.145) Perolehan: 15 botol

4. Kec : Bulak SD Romli Thammim Perolehan: 8 botol, TK Al Faruq (Jl.Bulak Rukem Timur ll) Perolehan: 12 botol

5. Kec : Tandes SDN Wonorejo Perolehan: 4 botol, Toko Mainan di Jl.Banjar Sugihan 2/64 Bu Yanik (sbg Distributor) Perolehan: 60 botol dari 6 Kelurahan Wilayah Tandes

6. Kec : Jambangan SDN Kebon sari 10Perolehan: 11 botol SDN:Pagesangan Perolehan: 12 botol Kebonsari Komplek Perolehan: 11 botol, Pagesangan 4 RT 3 RW3 Perolehan: 12 botol

7. Kec : Trenggilis Mejoyo SDN Kendang Sari 8 Perolehan: 8 botol, SDN: Trenggilis Mejoyo Perolehan: 12 botol, SDN: Panjang Jiwo, Perolehan: 13 botol

8. Kec : Tambak Sari SDN Gading Vll Perolehan: 11 botol, SDN: Tambak Sari I Perolehan:   5 botol

9. Kec : Sukolilo Jl. Kejawen Gebang 8 Perolehan: 20 botol, Di dalam Pasar Keputih Lama Perolehan: 13 botol

10.Kec : Sambikerep SDN Sambikerep 1 dan 5 Perolehan: 11 botol

11.Kec : Sawahan SDN Petemon ( Jl. Tidar 121) Perolehan:  2 botol

12.Kec : Karang Pilang SDN Bogangin Kedurus l Perolehan:  4 botol, TK Darma Praja Kebraon 2 Perolehan: 3 botol, SDN: 1 Karang Pilang Perolehan: 20 botol

13.Kec : Wiyung SDN 1 Balas Klumprik Perolehan: 17 botol, SDN Babatan lV , V Perolehan:  7 botol

14.Kec : Pebean Cantikan SD Krembangan Utara 2/57 Perolehan: 8 botol Jumlah keseluruhan 345 botol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *