Nasional

Di Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga), Bupati Tanbu Serukan Pencegahan Filariasis

10
×

Di Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga), Bupati Tanbu Serukan Pencegahan Filariasis

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Oktober ini sudah memasuki Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga). Melalui momen ini Pemerintah Daerah bertekad menyelamatkan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu agar terbebas dari penyakit menular tersebut.

Sebagai upaya penyelamatan itu, Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor menyerukan kepada masyarakat maupun jajarannya agar turut berpartisipasi mensukseskan program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) kaki gajah (Filariasis).

“Kami berharap POPM ini akan terlaksana 90 persen dari jumlah penduduk sehingga untuk tahun 2019 kita targetkan Kabupaten Tanah Bumbu akan terbebas dari penyakit membahayakan itu,” kata H. Sudian Noor di sela acara POPM di halaman Kantor Bupati Senin (15/10/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Tanahbumbu, H Damrah, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran microfilaria di Tanahbumbu.

Selain memberikan pengobatan sebagai bentuk langkah pencegahan, Dinas Kesehatan Tanah Bumbu juga memberikan pengetahuan tentang penyakit kaki gajah dan cara penularannya, serta cara mengantisipasinya.

Ia mengharapkan masyarakat benar-benar mengonsumsi obat yang sudah diberikan oleh tim kesehatan dengan tujuan agar semua masyarakat terbebas dari penyaklit filariasis.

Dijelaskannya, daerah Tanbu termasuk daerah endemis terhadap penyakit membahayakan itu. “Berdasarkan data Kemenkes RI, kata Damrah, apabila microfilaria itu melebihi dari 1 persen maka wajib di lakukan antisipasi melalui minum obat.” pungkasnya. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *