Pemerintahan

Dinsos Kota Surabaya Nikahkan 79 Pasang Pengantin

12
×

Dinsos Kota Surabaya Nikahkan 79 Pasang Pengantin

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Sosial (Dinsos) kembali menggelar perhelatan nikah massal. Kali ini, agenda nikah massal yang diikuti oleh 79 pasangan pengantin, digelar di Gedung Convention Hall, Jalan Arif Rahman Hakim No. 101 – 103 Surabaya, Selasa (12/12/17).

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Surabaya, Soepomo mengatakan, acara nikah massal yang diikuti masyarakat dari berbagai kalangan usia ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya nikah secara resmi agar pasangan nikah tersebut bisa mendapatkan kepastian hukum yang sah. Harapannya, mereka bisa mendapatkan kesejahteraan hidup.

“Karena jika mereka tidak punya akte nikah, mereka tidak bisa ngurus dan tidak bisa mempunyai Kartu Keluarga (KK),” ujarnya.

Kebanyakan pasangan pengantin tersebut mengikuti sidang isbat nikah tahap II. Mayoritas para pasangan nikah massal ini telah memiliki anak. Bahkan ada juga yang sudah mempunyai cucu.

Beberapa pasangan juga merupakan pasangan isbat nikah yang dinikahkan kembali setelah dulunya telah menikah siri. Seperti pasangan, Sukiman (54) dan Sutimah (42) yang merupakan pasangan nikah siri sejak tahun 1994.

Warga Janti Purwo 5, Semampir Surabaya ini hingga sekarang belum mempunyai akte nikah yang sah. Saat ini, pasangan tersebut sudah mempunyai tujuh orang anak dan seorang cucu.

“Alhamdulillah, saya merasa bahagia dengan diadakannya nikah massal gratis ini. Tujuan saya mengikuti nikah massal ini agar bisa mendapatkan akte nikah buat anak sekolah,” ujar Sukiman.

Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Hendro Gunawan dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para pasangan pengantin yang telah melakukan isbat nikah.

“Insya allah mulai hari ini bapak ibu sudah menjadi pasangan yang sah, sudah halal, baik secara agama maupun pemerintah. Secara pemerintah sudah tercatat dengan sah, mudah-mudahan bisa menjadi pasangan yang sakinah, mawadah, dan warahmah,” ujar Hendro Gunawan.

Selain agenda nikah massal, juga terdapat acara lomba fashion show, rias pengantin, dan pemberian penghargaan kepada mahasiswa pendamping. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *