Diskominfo Pemkab Tanbu Latih Puluhan Tenaga TI Calon Trainer Aplikasi di Desa

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Puluhan Tenaga TI (Tekhnologi Informasi) mengikuti Training of Trainer (TOT) yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu (Diskominfo Tanbu).

Menurut Kepala Dinas Kominfo Tanbu Ardiansyah, S.Sos, MM, pelatihan dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan aplikasi platform layanan pemerintah di Kabupaten Tanah Bumbu yang akan terintegrasi dengan sistem Aplication Monitoring Center (AMC).

“Kami ingin mengintegrasikan data-data yang ada di Kecamatan dan Desa kedalam satu sistem yang disebut AMC,” kata Ardiansyah pada saat membuka Training of Trainer, Rabu (31/1/2017) bertempat di Pusat Study AMC, Kantor Diskominfo Tanbu di Gunung Tinggi, Batulicin.

Agar semua itu terlaksana dengan baik, kata Ardiansyah, maka diperlukan tenaga professional atau SDM yang terlatih di bidang TI yang nantinya akan ditugaskan sebagai trainer untuk melatih admin di Kecamatan dan Desa.

“Peserta TOT dilatih kemampuannya oleh TIM Pengembangan TI dari Jakarta dengan harapan para trainer tersebut siap terjun langsung ke Kecamatan dan Desa untuk selanjutnya melatih para admin TI Kecamatan dan Desa,” ujar Ardiansyah.

Disamping itu, Ardiansyah mengingatkan agar peserta TOT dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam pelaksanaan pembangunan. Oleh karena itulah maka Bupati Mardani H Maming mendatangkan Tim Pengembangan TI ke Tanah Bumbu.

Dalam kesempatan pembukaan TOT itu pula, Ardiansyah menyampaikan bahwa kita harus terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi, sebagaimana Slogan Tanah Bumbu Hebat yang didalamnya terdapat unsur Inovatif, Kompetitif, dan Kreatifitas.

Salah satu narasumber TOT menjelaskan, kedatangan Tim Pengembangan TI ke Tanah Bumbu untuk mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dibidang Teknologi Informasi.

“Tanbu punya AMC yang perlu disosialisasikan ke masyarakat. Ada banyak aplikasi yang dijalankan kedepannya. Tentunya aplikasi ini mempermudah pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Terkait TOT ini, sebutnya, tujuannya untuk memastikan agar program pemerintah ini bisa dijalankan dengan baik di Kecamatan dan Desa. (q cox, Imran)

Reply