Jatim Raya

Dispendukcapil Sidoarjo Luncurkan Layanan Khusus Kaum Difabel dan Lansia (Dilan)

11
×

Dispendukcapil Sidoarjo Luncurkan Layanan Khusus Kaum Difabel dan Lansia (Dilan)

Sebarkan artikel ini

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Awal tahun 2019 ini, Dispendukcapil Kab Sidoarjo meluncurkan jenis layanan baru bagi para penyandang cacat (Difabel) dan Lanjut Usia (Lansia) dengan sebutan DILAN di Kab Sidoarjo.

Program layanan ini khusus bagi penyandang DILAN yang tidak bisa datang sendiri ke Kantor Dispendukcapil Sidoarjo untuk mengurus layanan administrasi kependudukan dirinya, karena petugas Dispendukcapil Kab Sidoarjo siap datang meluncur mendatangi rumah para DILAN agar bisa mendapatkan layanan administrasi kependudukan.

“Kita lakukan ini selain sebagai inovasi kerja juga karena kita ingin membuat para difabel dan lanjut usia bisa bahagia mendapatkan layanan dari kami,” kata Kepala Bidang Pemanfaatan data dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Kab Sidoarjo, Drs Oskar Basong, Selasa ( 14/5) kemarin, di kantornya.

Layanan yang sudah dimulai pada 4 Mei 2019 itu, hingga saat ini, menurut Oskar, masih banyak berada di wilayah desa-desa yang ada di Kec Buduran.

Menurut catatanya, misal di Desa Sidomulyo, Desa Sidokepung, Desa Buduran dan Desa Banjarsari. Para DILAN yang telah dilayani misalnya ada golongan Lansia, Difabel dan warga yang sakit.

“Di Kec Buduran ini, kita dapat laporan dari pihak kecamatan setempat adanya DILAN yang butuh layanan administrasi kependudukan ini, namun bagi masyarakat lain juga bisa melaporkan lewat website Dispensukcapil Sidoarjo, sampai saat ini ada sekitar 17 DILAN yang sudah mampu kita layani,” jelas Oskar.

Untuk sementara ini, para DILAN tersebut, kata Oskar, masih mendapat layanan terkait layanan perekaman KTP el saja. Pelayanan lain bisa menyusul nanti, seperti akte kelahiran dan lainnya setelah mereka punya KTP el.

“Kegiatan seperti ini juga akan bisa mendata dan mengurangi penduduk Sidoarjo yang tidak terdata selama ini,” tambah Oskar.

Menurut Oskar, semua DILAN di Kab Sidoarjo pasti akan dilayani petugas Dispendukcapil. Meski wilayahnya berada di kawasan terpencil.

“Ini sesuai dengan komitmen kami, ingin memberi layanan yang bisa membahagiakan masyarakat, yang Lansia, yang Difabel dan yang sakit,” tuturnya.

Apabila sampai tahu ada kalangan DILAN yang datang sendiri ke Kantor Dispendukcapil Sidoarjo, menurut Oskar, tentu saja mereka akan didahulukan untuk mendapatkan pelayanan. (q cox, NH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *