Dituding Tunggangi Reses untuk Kepentingan Partainya, Ini Jawaban BF Sutadi

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – DR. B.F Sutadi,SH, M.Si adalah anggota Komisi D DPRD Surabaya dari Fraksi Partai Gerindra asal dapil 1 yang meliputi 6 Kecamatan yakni Bubutan, Genteng, Gubeng, Krembangan, Simokerto dan Tegalsari.

Sebagai anggota DPRD Surabaya, Sutadi memiliki hak dan kewajiban untuk melakukan reses sesuai wilayah dapil nya, dengan tujuan menampung aspirasi warga di daerah pemilihannya.

Namun sayangnya, pada saat melaksanakan reses di wilayah Kecamatan Gubeng, ternyata Sutadi justru menuai protes keras dari beberapa warga dengan tudingan telah menyalahgunakan hak dan kewajibannya sebagai anggota dewan.

Kabar ini diungkap oleh salah satu media online Surabaya, bahwa Sutadi dikabarkan telah dilaporkan oleh dua perwakilan warga Gubeng Jaya RW 02 ke Staf administrasi Sekwan DPRD kota Surabaya, terkait tudingan penyalahgunaan reses.

Alasannya, kegiatan reses tidak boleh membawa pesan terselubung dari partai, karena kegiatan reses merupakan kegiatan murni anggota dewan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Bukannya di tunggangi oleh kepentingan politik partai.

Pasalnya, Sutadi dikatakan telah melakukan pembagian sarung dan amplop, yang ternyata menggunakan kop fraksi Gerindra. Bahkan dua warga tersebut juga berniat akan melaporkan kejadian itu ke Badan Kehormatan (BK) DPRD Surabaya.

Menanggapi pemberitaan ini, Sutadi dengan santai mengatakan bahwa dirinya tetap menghargai pendapat dua warga Gubeng Jaya RW 02 yang memberikan kritikan tajam terhadap kegiatan resesnya.

“Anggap saja ini masukan yang baik di bulan puasa, saya justru mengucapkan terimakasih kepada kedua warga yang kritis itu, memang seharusnya warga itu cerdas dan kritis seperti itu, walaupun sebenarnya saya tidak ada niat sedikitpun untuk menyalahgunakan,” katanya kepada Suarapubliknews.net, Selasa (20/6/2017)

Ketua Fraksi Gerindra ini menegaskan, jika pemberian sarung kepada warga semata-mata hanya niat pribadi dan keluarganya untuk berbagai. Demikian juga dengan isi amplopnya.

“Dan amplop tersebut adalah ucapan Lebaran saya selaku anggota DPRD Fraksi Gerindra, dan ini memang saya lakukan secara rutin setiap tahun, sesuai kemampuan saya untuk saya bagi ke beberapa warga, dan lagi saya juga tidak bodoh untuk melakukan acara itu sebagai ajang kampanye,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Sutadi juga mengaku telah melakukan hal yang sama di hampir seluruh Kecamatan yang masuk di wilayah Dapilnya.

“Tidak hanya di Gubeng, tapi juga beberapa lokasi lintas kecamatan, kalau ada warga yang menganggap itu melanggar, sekali lagi saya menghargai dan menghormati pendapat yang bersangkutan sebagai kritik dan kontrol yang baik dari masyarakat,” tandasnya. (q cox)

Reply