Gelar Kegiatan Donor Darah, Desa Lengkese Libatkan Mahasiswa KKN

TAKALAR-SULSEL (Suarapubliknews) – Kegitan donor darah dilaksanakan di Balai Desa Lengkese, Rabu (09/10/ 2019), yang berkerjasama dengan RSUD Padjonga Dg Ngalle Kabupaten Takalar.

Aksi donor darah ini berlangsung dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 12.00 siang, karena sesuai prosedur dari RSUD.Padjonga Dg. Ngalle menerangkan jika proses pengambilan darah tidak boleh lebih dari waktu 4 jam.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik karena dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” ucap Asmar Sekdes Lengkese, selaku Ketua pelaksanaan kegiatan Aksi Donor Darah.

menurut dia, aksi donor darah ini bertujuan untuk membantu RSUD Padjonga Dg ngalle dalam memenuhi kebutuhan darah. Selain itu, agar menjadikan masyarakat terutama masyarakat Desa Lengkese mempunyai rasa peduli sosial yang tinggi terhadap sesama.

Sebelum mendonorkan darahnya, kata dia, harus memenuhi beberapa persyaratan dianytaranya tensi darah, berat badan yang ideal, kecukupan waktu tidur, tidak dalam keadaan haid, tidak berpenyakit, dan tidak meminum obat sejak sehari sebelum mendonorkan darah.

Dalam acara Aksi Donor Darah yang diadakan oleh KKN UPRI Makassar ini ada beberapa pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari Mahasiswa KKN dan Masyarakat Setempat.

Dari banyaknya peserta yang mendaftar sebagian besar banyak pesserta yang lolos. Sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darahnya tidak memenuhi syarat. Jelas petugas Rsud. Padjonga Dg. Ngalle. Ada peserta yang lolos dan peserta belum bisa lolos.

Aksi donor darah ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan masyarakat Lengkese mulai dari, aparat desa, Kades Lengkese dan toko masyarakat .

Muh Amin Muis, selaku PLT desa Lengkese menyampaikan apresiasianya kepada para mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN seklaigus turut membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan “Aksi Donor Darah”.

“Serta terimakasih atas bantuan dan kerjasama dari Pihak RSUD Padjonga Dg Ngalle kabupaten Takalar karena kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan target yang di inginkan,” tuturnya. (q cox, Wahyu)

Reply