Bisnis

Gelar Mudik Bareng BUMN 2019, Pelindo III Berikan 17.500 Tiket Kapal Laut dan Bus Gratis

14
×

Gelar Mudik Bareng BUMN 2019, Pelindo III Berikan 17.500 Tiket Kapal Laut dan Bus Gratis

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pelindo III menyiapkan 17.500 tiket kapal laut dan bus gratis untuk masyarakat pada musim mudik Idul Fitri 1440 H Tahun 2019. Hal tersebut merupakan bagian dari Program Mudik Bareng 2019 yang digagas oleh Kementerian BUMN.

“Sebagai bentuk perhatian Pelindo III pada kebutuhan masyarakat, terutama pemudik kapal laut, jumlah tiket gratis yang disediakan terus meningkat. Tahun 2017 memberangkatkan sekitar 6.000 orang, kemudian meningkat di tahun 2018 lalu menjadi sekitar 14.000. Di tahun 2019 ini disediakan 17.500 tiket kapal laut dan bus gratis,” kata VP Corporate Communication Pelindo III, Wilis Aji Wiranata, Kamis (25/4).

Wilis Aji menjelaskan, Pelindo III kembali menjalin sinergi BUMN dalam penyelenggaraan program tersebut. Dari 17.500 tiket gratis yang disediakan, terdiri dari 2.000 tiket kapal laut yang dilayani oleh kapal-kapal Pelni dan 15.500 tiket bus untuk diantar dengan bus milik Damri dari pelabuhan ke berbagai kota tujuan mudik di Pulau Jawa.

“Jadi ada tiket gratis untuk 5 rute kapal penyeberangan dari Kalimantan ke Jawa, yakni dari Kumai – Tanjung Perak, Kumai – Tanjung Emas, Sampit – Tanjung Perak, Sampit – Tanjung Emas, dan Batulicin – Tanjung Perak. Semua dilayani oleh kapal milik Pelni, yaitu KM Kelimutu, KM Leuser, KM Binaiya, dan KM Egon. Pada masing-masing rute kapal laut tersebut tersedia 200-300 tiket gratis untuk sekali keberangkatan pada tanggal tertentu yang dimulai H-6 Lebaran (Hari Raya Idul Fitri),” jelasnya.

Ia melanjutkan, begitu pemudik kapal laut tiba di pelabuhan, bisa langsung melanjutkan naik bus gratis yang telah disediakan. Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tersedia 10.000 tiket bus gratis untuk 5 jurusan ke Cepu, Madiun, Trenggalek, Blitar, dan Jember.

Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ada 5.500 tiket bus gratis dengan tujuan ke Tegal, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Solo, dan Purwodadi. Bus gratis di kedua pelabuhan yang dikelola Pelindo III tersebut akan tersedia sejak H-6 Lebaran.

Wilis Aji menghimbau agar calon pemudik dapat segera mendaftarkan diri via internet atau online ke alamat situs website resmi: mudik.pelindo.co.id atau via aplikasi dengan mengunduh (download) aplikasi “Mudik Pelindo III” di Google Play.

Setelah terdaftar secara online, calon pemudik dapat mengambil tiket kapal di terminal penumpang pelabuhan keberangkatan dengan menunjukkan kartu identitas resmi (KTP atau SIM) sebagai bukti.

Jadwal keberangkatan kapal sesuai dengan jadwal kapal yang tercantum di tiket Pelni. Begitu pula untuk calon pemudik dengan moda bus, setelah terdaftar secara online dapat mengambil tiket bus gratis di pelabuhan kedatangan (Tanjung Perak dan Tanjung Emas) dengan menujukkan kartu identitas resmi (KTP dan SIM), serta Tiket Pelni untuk pemudik gratis moda kapal laut yang melanjutkan perjalanan dengan bus gratis.

Pelindo III, Pelni, dan Damri, juga telah bekerja sama dengan pihak keamanan untuk memastikan seluruh proses Program Mudik Bareng BUMN ini gratis untuk masyarakat, tanpa biaya apapun.

Bila ada oknum yang meminta bayaran akan diproses ke pihak yang berwajib. Masyarakat dan calon pemudik yang membutuhkan informasi dapat menghubungi call center: 082228448880 atau menemui petugas yang bersiaga di pelabuhan keberangkatan dan kedatangan.

“Mudik Gratis Bareng BUMN – Pelindo III ini gratis untuk memberikan mudik yang aman dan nyaman pada masyarakat, terutama penumpang kapal laut, pada setiap musim mudik Lebaran. Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III akan diasuransikan sebagai fasilitas proteksi yang menyeluruh. Pelindo III mendukung pemerintah yang menempatkan keselamatan pemudik sebagai prioritas,” pungkas Wilis Aji. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *