Gelar Silaturahmi dan Dialog, Ini Pesan dan Harapan Wabup Tanbu ke Ratusan Bidan

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Wakil Bupati Tanah Bumbu H.Sudian Noor mengemukakan, sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya di desa, bidan bukan saja memegang peranan penting dalam pelayanan kesehatan ibu, anak dan Balita, tetapi juga dalam pembentukan generasi berkualitas.

Generasi berkualitas pembentukannya dimulai sejak dini, sejak sebelum hamil. Begitu juga pengawasan selama hamil, pertolongan persalinan yang bersih dan aman. Hingga pula pola asuh bayi dan balita, serta pemenuhan gizi ibu, bayi dan Balita.

Hal ini dikatakannya saat mengadakan silaturahmi Wakil Bupati dan Ratusan Bidan se Kabupaten Tanah Bumbu di ruang rapat Setda Selasa (16/05).

“Kesemua itu sangat menentukan kualitas anak sebagai generasi penerus. Menjadi bagian tak terpisahkan dari tugas bidan sebagai pelayan kesehatan masyarakat. Artinya, bidan juga ikut menentukan keberhasilan pembentukan generasi berkualitas”, jelasnya.

Masa itu, imbuhnya, merupakan periode emas. Pada periode ini terjadi proses tumbuh kembang anak yang sangat cepat dan tidak terjadi pada masa lain. Perkembangan sel-sel otak pada periode ini sangat menentukan kualitas kehidupan selanjutnya.

“Apabila terjadi gangguan pada periode ini, akan berdampak permanen dan tidak bisa dikoreksi. Dampaknya tidak hanya pada pertumbuhan fisik, tapi juga perkembangan mental dan kecerdasan”, Wabup mengingatkan.

Sementara itu antara Wabup dan para Bidan melakukan dialog. Dikesempatan itu pula segala keluhan dilapangan direspon Wabup sebagai referensi kebijakan selanjutnya.(q cox, Imran)

Reply