Gudang di Kawasan Industri Rungkut Ludes Terbakar

Gudang milik PT. Surya Multi Indopack di Kawasan Rungkut Industri  XIV /4 Surabaya yang bergerak di bidang packaging, ludes setelah terbakar sejak dini hari pukul 02.30, Sabtu (15/03).

SURABAYA (SPNews) – Api pertama kali diketahui oleh petugas sekuriti yang berjaga di depan pabrik dalam keadaan sudah membesar dan langsung dilaporkan ke pemadam kebakaran UPTD Rungkut yang letaknya bersebelahan dengan pabrik tersebut.

Lantaran pabrik berisi material mudah terbakar seperti tiner, karton, plastik dan bahan mudah terbakar lainnya, ditambah besarnya hembusan angin membuat api semakin cepat membesar dan merembet ke bangunan-bangunan yang berada menjadi satu didalam komplek pabrik tersebut.

Menurut Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Candra Oratmangun, sebanyak 17 unit mobil damkar dierjunkan unuk melakukan pemadaman pabrik tersebut.

“Sebanyak 17 unit mobil pemadam dikerahkan , 15 dari Surabaya dan ditambah 2 dari Sidoarjo dikerahkan untuk melakukan peadaman, Saat ini kami melakukan pemadaman dan pembasahan secara bersamaan,”  kata Candra.

Sementara itu sempat terjadi beberapa kali ledakan dan salah satu bangunan roboh akibat lalapan si jago merah. Petugas tampak kewalahan mengingat letak bangunan yang terbakar berpencaran.

“kesulitan tim kami karena letak bangunan yang terbakar saling terpisah, dan juga beberapa bangunan dalam kondisi terkunci yang memperlambat kerja petugas, terpaksa kami melakukan pendobrakan agar petugas dapat mencapai sasaran,” imbuh Candra disela-sela mengatur anak buahnya dilapangan.

Sempat terjadi ketegangan antara awak media yang dihalang-halangi untuk mengambil gambar oleh pihak manajemen, namun akhirnya media diijinkan melakukan peliputan setelah pihak managemen pabrik tersebut  mendapat penjelasan dari  awak media.

Hingga berita ini diturunkan,  petugas dinas kebakaran masih berusaha mengendalikan api yang masih membesar dengan melokalisir api agar tidak merembet kebangunan yang lain. (q cox, Bay)

Reply