Nasional

Gunung Agung Kembali Erupsi, Letusan Setinggi 2000 Meter

16
×

Gunung Agung Kembali Erupsi, Letusan Setinggi 2000 Meter

Sebarkan artikel ini

BALI (Suarapubliknews.net) – Setelah beberapa hari terakhir tidak bergerak, bahkan sempat dikabarkan jika aktivitasnya mulai menurun, ternyata Gunung Agung di Karangasem, Bali kembali mengalami erupsi, Senin (9/7/2018) pukul 11.20 Wita.

Berdasarkan Volcanic Activity Report (MAGMA VAR) yang dilaporkan PVMBG periode pukul 06:00-12:00 WITA telah dilaporkan bahwa teramati letusan di Gunung Agung setinggi 2000 meter di atas puncak kawah.

Asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal. Adapun secara meteorologi, cuaca berawan dan mendung. Angin bertiup lemah ke arah barat. Suhu udara 19-26 °C dan kelembaban udara 73-86 %.

Berikut laporannya:

  1. Kegempaan Jumlah : 1, Amplitudo : 24 mm, Durasi : 162 detik
  2. Hembusan, Jumlah : 6, Amplitudo : 9-24 mm, Durasi : 32-55 detik
  3. Vulkanik Dangkal, Jumlah : 2, Amplitudo : 7-10 mm, Durasi : 7-15 detik

Hingga saat ini PVMBG memberikan rekomendasi agar masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada di sekitar lokasi, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya (radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung juga agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan.

Ancaman ini dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *