Hadirkan Prototype Konsep SmartHome di Plasa Telkom Bentuk Implementasi IoT

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Telkom menghadirkan pusat pelayanan baru Plasa Telkom Digital (PTD) di Gedung Telkom Mergoyoso, Surabaya. Berbeda dengan pusat pelayanan Telkom yang lain, di pusat layanan PTD ini pengunjung bisa mencoba smarthome.

Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim, Bali, Nusra Suparwiyanto mengatakan konsep SmartHome sebagai satu contoh IoT untuk sebuah rumah modern bisa diimplementasikan.

“Dengan digelarnya jaringan fiber optik secara bertahap di seluruh tanah air, termasuk di Surabaya, dimana dengan jaringan fiber optik ini tentu Telkom tidak hanya melayani single product seperti halnya dilakukan dengan jaringan kabel tembaga,” katanya.

Dengan SmartHome yang dicontohkan di Plasa Telkom Digital Mergoyoso ini, aktifitas seperti halnya menghidupkan dan mematikan TV, kompor, lampu, microwave, bahkan misalnya buka/tutup tirai jendela bisa dilakukan dengan sebuah device saja.

Plasa Telkom Digital Mergoyoso merupakan Plasa Telkom Digital yang ke 8 dan selain Plasa Telkom Digital Mergoyoso, di area Jatim, Bali, Nusra akan dibangun 2 lagi di Sidoarjo dan Gresik.

“Plasa Telkom ini hadir untuk memberikan digital customer experience sekaligus untuk mengedukasi pelanggan tentang konsep pelayanan digital, karena sesungguhnya kami sudah menyediakan aplikasi mobile MyIndihome yang bisa diakses pelanggan sendiri melalui smartphonenya” lanjut Suparwiyanto.

Itu sebabnya, meskipun telah disediakan digital table seperti halnya 4 MyIndihome Booth untuk memudahkan pelanggan mendapatan informasi product, layanan, komplain gangguan dan lainnya, juga tetap disediakan customer service yang akan proaktif mendatangi pelanggan bila memerlukan penjelasan dan konsultasi serta membantu install aplikasi.

Suparwiyanto berharapkedepan, jika sudah tersosialisasi dengan baik, tingkat kedatangan pelanggan menjadi lebih berkurang, dan pelanggan serta masyarakat bisa melakukan sendiri melalui smartphone nya.

Hal ini dikatakan dengan melihat data bahwa tingkat kehadiran masyarakat ke Plasa Telkom masih tinggi, seperti misalnya di Plasa Telkom Digital Mergoyoso ini, dimana jika dirata-rata per harinya mencapai 150 pelanggan, dan hampir 50% untuk kasus pelaporan gangguan, sisanya untuk informasi produk, payment, mutasi, dan pasang baru.

“Padahal ini bisa dilakukan melalui aplikasi, meskipun kami masih memerlukan feedback dari voice of customer untuk penyempurnaannya,” tambahnya.

Itulah sebabnya, adanya customer service mobile ini diharapkan bisa mendapatkan voice of customer dari publik. “Bagaimana kami bisa mendapatkan feedback apa saja yang harus kami perbaiki di sisi pelayanan dan juga menu-menu apa yang akan kami tambahkan di MyIndihome misalnya, jika tidak dari pengalaman atau experience mereka” tambah Suparwiyanto.

Saat ini PTD Mergoyoso selain melayani pelanggan Telkom, juga pelanggan Telkomsel. Beberapa bentuk yang dilayani untuk pelanggan Telkom seperti halnya psang baru Indihome, komplain pelanggan, pembayaran rekening, upgrade layanan, informasi produk dan layanan Telkom lainnya. (q cox, Tama Dinie)

Reply