Hari Ini, Banyuwangi Sabet Penghargaan Tingkat ASEAN

BANYUWANGI (Suarapubliknews.net) – Kabupaten Banyuwangi menerima penghargaan tingkat Asia Tenggara (ASEAN) yang diserahkan di Thailand pada hari ini Jumat (26/1/2018). Penghargaan yang diraih kabupaten berjuluk The Sunrise of Java itu terkait bidang pariwisata.

“Ya, betul memang Banyuwangi bisa meraih penghargaan ASEAN Tourism Standard Award setelah bekerja keras mengembangkan wisata dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Kabag Humas dan Protokol Banyuwangi Juang Pribadi, Kamis (25/1/2018) kemarin.

Juang mengatakan, penghargaan tingkat ASEAN tersebut semakin melengkapi pengakuan dunia internasional terhadap program pengembangan wisata Banyuwangi, setelah sebelumnya Badan Pariwisata Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) menobatkan Banyuwangi sebagai kawasan dengan inovasi kebijakan pariwisata terbaik dunia 2016.

Terkait penghargaan ASEAN Tourism Standard Award, Juang menambahkan, Banyuwangi berhasil menyabet prestasi di kategori kebersihan daerah pariwisata setelah bersaing dengan sejumlah kota lain di Asia Tenggara.

“Insya Allah award ini akan diumumkan di ajang ASEAN Tourism Forum di Thailand, besok Jumat sore (sore ini),” ujarnya.

Juang menambahkan, untuk bisa meraih penghargaan tersebut, ada 108 kriteria yang ditetapkan oleh ASEAN.

Kriterianya bukan hanya soal kebersihan saja, tapi juga daya dukung dan sinergi dalam mewujudkan iklim pariwisata yang nyaman bagi wisatawan. Termasuk di dalamnya pendekatan partisipasi warga dalam menumbuhkan banyak destinasi wisata baru.

“Bagaimana hasil penilaian dari 108 kriteria itu, detilnya besok disampaikan dalam forum seluruh negara ASEAN tersebut,” papar Juang. (q cox)

Reply