Hasil Rekapitulasi Sementara KPU Jatim, Jokowi-Ma’ruf Unggul di 13 Daerah

SURABAYA (Suarapubliknews) – Berdasarkan hasil sementara rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 selama dua hari, hingga Senin (6/5/2019), pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul dengan total perolehan suara 3.703.144 suara di 13 kabupaten/kota di Jatim.

Sementara, perolehan suara untuk pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno (Sandi) di 13 kabupaten/kota yang sama di Jawa Timur sebanyak 1.524.005.

Data hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara KPU Jatim menunjukkan, pasangan calon nomor urut 01 itu unggul dari pasangan calon nomor urut 02 di 13 kabupaten/kota itu.

Diketahui, sejak hari Minggu (5/5/2019) lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Hasil Perolehan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di hotel Singgasana, Surabaya.

Choirul Anam Ketua KPU Jatim menargetkan, Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara di tingkat provinsi itu akan tuntas dilaksanakan pada 9 Mei mendatang, meski sesuai jadwal, KPU Jatim masih memiliki waktu hingga 12 Mei.

Anam mengaku optimistis, bila dalam waktu dua hari 15 kabupaten/kota tuntas direkapitulasi, maka KPU Jatim memerlukan setidaknya tiga hari lagi untuk menuntaskan rekapitulasi penghitungan perolehan suara dari 38 kabupaten/kota yang ada.

“Saya kira Kota Surabaya yang belum tuntas rekapitulasinya bisa segera tuntas. Informasinya, tinggal 3 kecamatan lagi di Kota Surabaya yang perlu direkapitulasi,” katanya, Senin malam. (q cox, SS)

Reply