Ini Respon Masyarakat Tionghoa Surabaya Terkait Acara ‘Kado Warga Untuk KBS’

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Menyambut Abad ke dua untuk Kebun Binatang Surabaya (KBS), Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) bersama beberapa elemen masyarakat seperti Surabaya Punya Cerita, Turun Tangan Surabaya, Surabaya Tempo Dulu, Rumah Belajar Pandawa, menggelar acara dengan tajuk “Kado Warga Untuk KBS”.

Hal ini dilakukan sebagai wujud kebanggaan sekaligus penghargaan terhadap KBS yang kini telah menjadi ikon kota Surabaya, yang dalam perjalanannya telah genap berusia 100 tahun, meski tak lepas dari berbagai konflik internal dan eksternal.

Terbaru, kegiatan “Kado Warga Untuk KBS” ini mendapatkan dukungan dari Paguyuban Masyarakat Tionghoa yang membawahi sekitar 19 yayasan seperti PITI, Yayasan Abdi Husada Utama, Prosam Pasar Atom dan Yayasan Adi Yasa

“Kami prihatin dengan kondisi bonbin yang kerap didera konflik. Kota sebesar Surabaya wajib memiliki bonbin yang termasuk paling luas di Asia,” papar U Yen, ketua Paguyuban Masyarakat Tionghoa, Sabtu (22/10/2016).

Meski prihatin, U Yen dan kawan-kawan tak mau ikut campur konflik yang ada. Pihaknya mendorong Pemkot Surabaya untuk melakukan revitalisasi KBS. Baik dari segi manajemen maupun sarana dan prasarana.

Untuk itu pihaknya mendukung sepenuhnya kegiatan Kado Warga Untuk KBS yang terdiri dari Pameran Foto, peluncuran buku serta pameran konsep KBS ke depan dengan menggelontorkan sejumlah dana.

“KBS kedepan harus lebih bersih dan bebas bau. Jangan sampe pengunjung terganggu dengan bau dari para hewan itu akibat kebersihan kandangnya kurang terjaga,” pungkas U Yen.

Untuk diketahui, Paguyuban Masyarakat Tionghoa bergerak di bidang sosial tanpa memandang latar belakang ataupun agama. Berbagai kegiatan sosial seperti operasi katarak telah digelar. Kedepan, pada tanggal  21 November, mereka akan menggelar operasi katarak gratis bagi 300 warga tak mampu di RS Kodam V Brawijaya.

Rangkaian kegiatan Kado Warga Untuk KBS tersebut akan di gelar di Grand City pada tanggal 14-20 November. Selain pameran foto dan peluncuran buku, beragam aktivitas menarik akan digelar guna memuaskan warga pecinta KBS. (q cox)

Reply