Bisnis

ITS Juara Umum Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018

12
×

ITS Juara Umum Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Prestasi gemilang kemballi ditorehkan oleh para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kali ini, Tim Robotika ITS secara mantap dikukuhkan sebagai Juara Umum Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 tingkat nasional di Gedung Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ketua Tim River yang merupakan wakil ITS dalam Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Edo Kusuma mengatakan Tim River berhasil menyabet juara pertama usai mencapai rong bay dalam waktu 30 detik. “Dengan hasil ini, memang benar bahwa hasil tidak akan menghianati usaha,” katanya.

Sementara Tim Iris yang bermain pada divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda harus rela menduduki peringkat kedua usai menelan kekalahan 3-1 atas URT-Roso dari Universitas Islam Sultan Agung. “Selain bola yang licin, kami pun terkendala mesin penggiring bola yang terbakar,” jelas Ketua Tim, Muhammad Azhar Ismail.

Tak jauh berbeda dengan Tim Abinara-1 di divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) yang mendapatkan juara 2 usai berhasil mengumpulkan total nilai 6,22 dari tiga putaran. Bernasib sama, dengan tarian dan hentakan kaki robot Tim V-Rose dari divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) pun berhasil menduduki juara kedua.

Dari lima divisi yang ada, ITS berhasil meraih enam penghargaan dari 4 divisi yang diikuti. Selain menjadi jawara, Tim River juga meraih penghargaan kategori Strategi Terbaik. Sama halnya dengan Tim Abinara-1 yang lagi-lagi mendapat penghargaan pada kategori Desain Terbaik.

Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, pada kontes bergengsi ini, sang juara dunia Tim Ichiro dari divisi KRSBI Humanoid (berkaki) terpaksa mengundurkan diri dari pertandingan. Hal ini dikarenakan peraturan yang diterapkan tidak sesuai dengan yang dikeluarkan sebelumnya oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) selaku penyelenggara.

Wakil Rektor I ITS, Prof Dr Ir Heru Setyawan MEng saat malam puncak perhelatan KRI tingkat nasional itu mengatakan hai ini menjadi momen yang tak terlupakan bagi Tim Robotika ITS. “Saya tentu merasa bangga sekali ITS berhasil menorehkan prestasi sebesar ini,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ahmad Zaini ST MSc, pembina tim robot KRPAI ITS, mengatakan bahwa prestasi ini merupakan yang pertama bagi Tim Robotika ITS.

“Dengan gelar juara ini, ITS semakin mengembangkan prestasinya dan bisa mengembangkan robotika jauh lebih baik. Semoga prestasi ini bisa terus dipertahankan oleh ITS,” pungkasnya. (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *