Iwan Sunito: Hukum Pertama Investasi Properti; Lokasi, Lokasi dan Lokasi

JAKARTA (Suarapubliknews.net) – Perusahaan pengembang properti terkemuka Australia yang berbasis di Sydney Crown Group memberikan lanjutan panduan perihal investasi properti oleh pendirinya, Iwan Sunito.

komisaris dan CEO Crown Group Iwan Sunito mengatakan untuk mulai berinvestasi properti, hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi, lokasi, lokasi.

“Mengapa faktor lokasi menjadi yang utama selain reputasi pengembang dan desain bangunan adalah karena lokasi menjadi hal yang sangat menentukan dalam tinggi rendahnya keuntungan investasi kita di masa mendatang,” katanya.

Menurutnya daerah yang akan dan sedang berkembang lebih menguntungkan karena harga beli atau investasi awal akan lebih rendah dibandingkan daerah yang sudah jadi atau established. Kawasan pinggiran akan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan kawasan CBD, karena peningkatan harga akan lebih terukur.

“Kemudian dekat dengan apa? Dan bagaimana dengan demografi, kondisi pasar, fasilitas umum, pertumbuhan harga, daya sewa di daerah tersebut? Untuk lebih mudah dalam memahaminya, saya akan berikan ilustrasi mengenai hal-hal tesebut dengan memberikan sebuah overview lokasi kawasan Eastlakes yang akan menjadi proyek selanjutnya dari Crown Group,” lanjut Iwan.

Yang terpenting adalah para calon investor ini mau mencari informasi yang sebanyak-banyak perihal area yang ingin dijadikan investasi sebelum mereka menjatuhkan pilihan. Semakin banyak informasi yang didapat, semakin akurat pula kalkulasi untuk keputusan yang akan diambil.

“Dan terakhir, kapan waktu terbaik untuk berinvestasi? Jawabannya adalah sepuluh tahun yang lalu. Kemudian kapan kah waktu terbaik kedua untuk berinvestasi property? Jawabannya adalah sekarang” tutup Iwan Sunito. (q cox, Tama Dinie)

Reply