Jamin Selaras dengan RPJMD, Pansus OPD Kerja Maraton

SURABAYA (Suarapubliknews.net) –Pembahasan mulai dilakukan, Pansus Raperda Organisasi Perangkat Daerah(OPD) menjamin Perda yang dihasilkan akan selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menegah(RPJMD) kota Surabaya. Sejumlah klausul Raperda terkait komposisi SKPD akan dibahas dan dikonsultasikan mengacu pada RPJMD yang ada.

“Kita tidak akan keluar dari RPJMD, Perda OPD akan dibahas dan disesuaikan agar kerja Pemkot bisa melaksanakan RPJMD yang ada. Namun memang ada beberapa hal dalam Raperda OPD ini yang belum sesuai atau belum jelas kebijakan pemerintah pusat akan hal ini. Ada beberapa hal yang perlu dikonsultasikan dengan Kemendagri dan kita akan melakukannya bersama-sama Pemkot,” terang ketua Pansus Raperda OPD, Fatkur Rohman, Rabu(14/9/2016).

Beberapa hal yang perlu dikonsultasikan itu, lanjut Fatkur antaranya masalah tipelogi  atau penetapannilai tiap SKPD yang belum muncul, nomenklatur yang belum ditetapkan, posisi Bakesbangpol, jumlah asisten dan staf ahli serta kemungkinan penambahan atau pengurangan SKPD.

Selain itu, lanjut Fatkur, muncul potensi untuk memasukkan klausul tentang assessment pegawai dan pejabat termasuk pula kemungkinan untuk penetapan seleksi terbuka bagi jabatan-jabatan yang ada di SKPD.

Pansus, kata anggota legislative dua periode ini, juga akan mengkajai kinerja PNS sampai saat ini sebagai tolok ukur kekuatan untuk  melaksanakan RPJMD, APBD serta layanan publik.

“Kita akan memanggil semua pihak termasuk sampai ke tingkat camat dan lurah, sehingga ada masukan yang komprehensif agar Perda ini bisamendukung pembangunan kota Surabaya,”terangnya.

Sementara, Sekeretaris Pansus, Herlina Harsono Njoto, menambahkan kerja  Pansus akan berjalan marathon mengingat hasil Perda ini akan menjadi salah satu dasar KUA PPAS APBD 2017. Untuk itu dalam dua minggu ke depan, lanjut Herlina , pansus akan bekerja sampai jauh malam untuk menghasilkan Perda yang tepat.

“Waktunya memang cukup pendek, karena Perda OPD menjadi salah satu dasar KUA PPAS untuk APBD 2017 . Untuk itu kita akan kerja marathon, hari Sabtu dan minggu akankita gunakan pula,” ujar herlina di tempat yang sama. (q cox, G)

Reply