Jembatan Suroboyo Diresmikan, Ini Suara DPRD Surabaya

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Telah dibangun dan diresmikannya “Jembatan Suroboyo” di kawasan pantai Kenjeran, ternyata juga menjadi kebanggaan anggota DPRD Kota Surabaya.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Surabaya, Syaifudin Zuhri, bahwa jembatan sepanjang 800 meter yang disangga 150 tiang di kawasan Kenjeran dinilai akan mampu memperbaiki kondisi lingkungan sekaligus mendongkrak kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya).

“Dengan adanya jembatan ini akan memberikan nuansa baru guna perbaikan lingkungan dan ekonomi di wilayah pesisir,” terangnya. Sabtu (9/7/2016)

Menurutnya, jembatan yang dilengkapi dengan air mancur menari itu, bia membuat warga yang bermukim di wilayah kenjeran tak lagi merasa tersisih, sekaligus akan membawa dampak positif bagi kehidupan warga sekitar.

“Saya yakin, ini (jembatan) akan mampu meningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar,” katanya

Politisi PDIP ini mengakui, bahwa saat ini sarana dan prasarana yang ada di sekitar jembatan masih belum memadai. Namun, pihaknya dan pemerintah kota akan terus berupaya memperbaiki dan menambah fasilitas yang dibutuhkan.

“Jadi, perangkat lain yang perlu ditambah, akan kita support dalam penganggaran,” jelas pria yang akrab disapa Ipuk.

Syaifudin Zuhri mengaku, pembenahan yang menjadi prioritas adalah akses jalan masuk menuju jembatan, baik dari arah utara maupun selatan yang masih sempit. Pihaknya meminta, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan untuk memperluas akses di kawasan itu, agar bisa menarik kunjungan wisatawan.

“Jika semakin cepat (pembangunannya), tentu akan menjadi singgahan dan jujugan wisatawan lokal dan luar (daerah),” jelas Sekretaris DPC PDIP Surabaya.

Awalnya, pembangunan jembatan di Kenjeran hanya untuk memperlancar arus lalu lintas, namun setelah melihat potensinya, jembatan yang pembangunannya menelan anggaran sekitar 250 miliar rupiah akhirya diproyeksikan sebagai destinasi wisata baru.

Tujuannya, untuk menarik wisatawan, selain dilengkapi dengan Taman dan Patung Suro dan Boyo yang berukuran raksasa, di sekitar jembatan juga telah dibangun Sentra Ikan Bulak.

Tidak hanya itu, sesuai rencana Pemkot Surabaya juga akan menjalin kerjasama dengan pihak swasta untuk membangun fasilitas cable car, yang menguhubungkan antara Jembatan Suramadu dengan lokasi Taman dan Jembatan Suroboyo. (q cox, Idr)

Reply