Kaum Perempuan di Sidoarjo Memiliki Peluang Lebih di Pilkades Serentak 2020

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Sidoarjo, dr Ika Harnasti MM, menilai kaum perempuan memiliki banyak peluang untuk mengikuti kontetasi Pilkades 2020.

Sementara untuk wilayah Kabupaten Sidoarjo, tercatat ada 173 Desa yang bakal melaksanakan Pilkades serentak tahun 2020

Dari data yang ada, kata Ika Harnasti, hingga kini ada sebanyak 24 orang perempuan di Kabupaten Sidoarjo yang masih aktif menjabat sebagai Kades, diantaranya di wilayah Kecamatan Candi, Buduran, Porong, Tulangan, Krembung, Jabon, Wonoayu, Prambon, Tarik, Balongbendo, Sukodono, Gedangan dan Waru.

Maka untuk pemberdayaan gender di wilayahnya, Ika Harnasti terus memotivasi kaum perempuan di Kota Delta Sidoarjo supaya lebih banyak lagi kaum hawanya yang ikut dalam kegiatan Pilkades serentak di tahun 2020 nanti.

”Saya yakin, banyak perempuan di Kab Sidoarjo saat ini banyak yang sudah mampu menjadi Kepala Desa, yang memang punya potensi silakan ikut. Pemerintah jelas akan mendukung sekali, karena itu terkait pemberdayaan gender,” komentar dr Ika, saat dikonfirmasi media ini via telepon selulernya. Senin (29/7/2019).

dr Ika mengaku, mengetahui potensi kaum perempuan dari berbagai jenis kegiatan pelatihan pemberdayaan bagi perempuan, yang ternyata banyak perempuan di Sidoarjo yang sudah bisa mandiri dan berhasil.

Menurut mantan Kepala Dinkes Kab Sidoarjo iini, untuk memotivasi kaum perempuan agar semakin maju dengan peranan dan potensi yang dimilikinya, yang selama ini diberikan lewat berbagai macam kegiatan pemberdayaan yang ada pada dinasnya.

Bahkan dirinya pernah secara khusus mengundang perempuan Sidoarjo yang telah jadi Kades, agar berbagi pengalamannya kepada perempuan lain di Kabupaten Sidoarjo.
”Pemberdayaan bagi perempuan itu banyak jenis dan ragamnya. Ada pemberdayaan dari sisi ekonomi, sisi pendidikan, keluarga, agama, sosial, kesehatan, pemerintahan bahkan politik. Pesan saya, silakan ikut dalam kegiatan Pilkades, tapi jangan asal – asalan, sebab akan bisa rugi sendiri nanti,” pesannya.

Pada kegiatan Pilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 lalu, menurut data ada sekitar dua ratusan perempuan di Kab Sidoarjo yang maju mencalonkan. Namun yang akhirnya mampu lolos menjadi anggota DPRD Kab Sidoarjo periode 2019-2024, sebanyak 8 orang.

Dibanding dengan periode sebelumnya, pada periode ini ada penambahan satu orang. Karena pada periode sebelumnya hanya tujuh orang saja. Meski begitu, pada periode ini dari delapan perempuan Sidoarjo yang terpilih itu, tujuh diantaranya adalah wajah-wajah baru. (q cox, NH)

Reply