Bisnis

Kelahiran Crowned Crane Lengkapi Koleksi Taman Safari Prigen

14
×

Kelahiran Crowned Crane Lengkapi Koleksi Taman Safari Prigen

Sebarkan artikel ini

PRIGEN (Suarapubliknews.net) – Dua ekor Burung Crowned Crane atau Jenjang Mahkota Hitam menetas dengan cara dieramkan di inkubator khusus. Burung dengan nama latin Balearica pavonina ini menjadi pelengkap koleksi satwa baru di Taman Safari Prigen.

Public Relation Officer Taman Safari Prigen, Lely Widya Arishandi mengatakan, dua ekor crowned crane tersebut lahir pada 16 Februari 2018. Burung yang berasal dari Afrika Barat itu berjenis kelamin jantan dan betina.

“Dua ekor Crowned Crane ini bernama Tuareg dan Hamer. Keduanya berasal dari indukan Zaskia dan Diono, sehingga total Crowned Crane di Taman Safari Prigen saat ini sekitar sembilan ekor,” katanya.

Ia mengatakan Crowned Crane merupakan satwa omnivora. Mereka mengkonsumsi segala macam makanan mulai dari biji-bijian, serangga, dan binatang kecil lainnya. Namun, untuk bayi Crowned Crane diberikan makanan khusus.

“Tuareg dan Hamer diberi makan sayuran seperti sawi, kecambah maupun wortel serta ditambah dengan ulat. Dalam sehari mereka makan hingga tujuh kali karena masih dalam masa pertumbuhan,” tutur Lely.

Sementara itu, Dokter Hewan Taman Safari Prigen, drh. Nanang menyampaikan, Burung Crowned Crane memiliki bulu berwarna hitam, dengan warna putih jelas di bagian atas dan bawah sayap. Di atas kepala terdapat jambul atau bulu kaku yang berwarna keemasan menyerupai sebuah mahkota.

“Di bagian pipi terdapat tonjolan berwarna merah dan putih. Memiliki panjang tubuh dari ekor sekitar 100-105 cm, dengan bentang sayap mencapai 200 cm dan berat 3-4 kg. Umumnya jantan memiliki tubuh yang relatif lebih besar dari pada betina, namun demikian sangat sulit untuk membedakan antara burung yang jantan dan betina,” paparnya.

Sesuai data dari International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), Burung Crowned Crane berstatus Vulnerable (Rentan). (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *