Nasional

Kembangkan Pengelolaan Penerimaan Pembayaran STNK, Polri Gandeng BNI

40
×

Kembangkan Pengelolaan Penerimaan Pembayaran STNK, Polri Gandeng BNI

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews.net) – Kepolisian Negara Republik Indonesia berkerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BBNI) mengembangkan pengelolaan penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Lalu Lintas Polri.

Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia Inspektur Jendral Polisi, Drs. Royke Lumowa, MM mengatakan hal ini guna mendukung Program Kepolisian Negara Republik Indonesia dan guna mempermudah layanan pembayaran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan dan STNK & TNKB LBN (Lintas Batas Negara).

“Instusi Polri terus melakukan inovasi dalam pengelolaan PNBP nya, salah satunya dengan menggandeng mitra bank seperti BNI semua itu kami lakukan guna memberikan kemudahan dan layanan lebih baik kepada masyarakat,’ katanya seusai penandatangan dengan pihak BNI yang diwakili Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati di Aula Gedung National Traffic Management Center (NTMC) Korlantas Polri Jakarta.

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati menyampaikan BNI telah banyak melakukan jalinan kerjasama dengan institusi Polri bentuk kerjasama yang telah dilakukan diantaranya penerbitan dan pengelolaan Kartu Debit, Kartu Kredit maupun Tapcash BNI-Polri Promoter, pemberian fasilitas produk konsumer,penggunaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan, pengelolaan pembayaran e-samsat.

“Termasuk Penyaluran Dana Tunjangan Kinerja (Tunkin) keluarga besar Polri, serta berbagai dukungan pada beberapa kegiatan seperti team sepakbola BNI Bhayangkara FC, Dukungan BNI terhadap event Bhayangkara RUN 2017, Brimob Run 2017 dan lainya,” katanya.

Dipilihnya BNI sebagai bank pengelola PNBP STKN, NRKB, STNK-LBN dan TNKB-LBN karena BNI mempunyai pengalaman mengelola collection system Penerimaan Negara Bukan Pajak/PNBP, seperti : Kementerian Hukum & HAM untuk penerimaan pembayaran akta notaris dan pasport, Badan Pertanahan Nasional untuk pembayaran PNBP Akta Tanah.

Kementerian Kominfo untuk pembayaran PNBP Frekwensi, Kementerian Keuangan/Dirjen Bea Cukai untuk PNBP Cukai, Kementerian Perhubungan/Dirjen Laut untuk PNBP jasa kepelabuhanan, Kementerian Pekerjaan Umum untuk PNBP sewa rumah negara, Kementerian Tenaga Kerja untuk pembayaran PNBP tenaga kerja asing.

Ditambahkan oleh Adi Sulistyowati, pihaknya sangat bersyukur bahwa BNI telah dipilih menjadi mitra strategis Polri khususnya Korlantas dalam mengelola berbagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan atas kepercayaan tersebut pihaknyaakan senantiasa menjaganya dan terus meningkatkan layanan terbaik hingga harapan kami kedepannya, BNI dapat dipercaya untuk mengelola seluruh jenis PNBP Polri lainnya

“Dan kami telah siap untuk menyajikan sebuah dashboard Reporting/laporanatas penyaluran PNBP tersebut yang realtime dan terintegrasi , sehingga dana PNBP tsb akan ter record dengan cepat dan akurat agar bisa diusulkan kembali kepada kemenkeu untuk dapatdigunakan oleh institusi Polri,” tambahnya.

Untuk meningkatkan pengelolaan Keuangan yang transparan dan akuntabel, BNI dapat memberikan solusi bagi Kepolisian Negara Republik Indonesia antara lain cash management, corporate card, Collection System pengelolaan PNBP dan Solusi lain untuk kebutuhan

Anggota mulai kartu tanda Anggota Polri, Penyaluran Gaji dan TUnkin, Pemberian Fasilitas Kredit Rumah/BNI Griya, BNI Flexi, Kartu Kredit BNI dan Kebutuhan Tabungan pensiunan/BNI Simpony untuk Institusi Polri. (q cox, Dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *