KM Mutiara Sentosa I Berhasil Ditarik, Penumpang Tuntut Tiket Pesawat ke Jakarta

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Setelah terombang ambing di Perairan Madura selama 30 jam karena kahbisan BBM, akhirnya KM Mutiara Sentosa I akhirnya bisa sandar di Pelabuhan Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak sekitar pukul 13.45 Wib.

Dengan kawalan petugas, tercatat 180 penumpang turun satu persatu dan langsung dibawa ke ruang tunggu Gapura Nusantara Tanjung Perak, Sabtu (4/2/2017). Dari 180 penumpang, ternyata 110 diantaranya adalah mahasiswa peserta jambora nasional di Jakarta.

Rombongan mahasiswa ini berasal dari Sulteng dan Kaltim, yang terdiri dari 8 kampus asal Kaltim dan 9 kampus asal Sulteng.

Sampai diruang tunggu, penumpang langsung dibagi makanan dan minuman. Sedangkan Zaenal seorang penumpang yang naik kapal bersama istri dan kedua anaknya sempat mendapat pemeriksaan kesehatan dari petugas pelabuhan.

“Alhamdulillah akhirnya bisa sandar. Apalagi melihat teman teman dan penumpang lainnya bisa tertawa,” kata Tino Heidel di Gapura Nusantara.

Tino Heidel mengaku sempat stres dan kondisi didalam kapal sangat panik setelah kapten mengumumkan kehabisan BBM. “30 jam kami terombang ambing dilaut. Isinya saat lampu, ac mulai mati, para penumpang hanya bisa emosi,” ungkapnya.

Kepanikan ditambah dengan stok makanan di kantin kapal maupun camilan para penumpang juga habis.

“Air habis, makanan di kantin sudah habis sejak Kamis (2/2/2017) malam ditambah kondisi lorong kapal yang gelap. Yang ada lampu emergency yang hidup 3 jam sekali,” ujar Tino.

Ucap syukur juga dikatakan Zaenal penumpang yang naik kapal bersama istri dan kedua anaknya yang masih balita, salah satunya masih bayi.

“Stres saya mas. Anak nangis terus karena panas belum lagi kondisi kapal goyang goyang. Bersyukur akhirnya bisa sandar di Surabaya,” kata Zaenal.

Sementara ratusan mahasiswa masih tetap akan bertahan di Gapura Nusantara untuk menunggu respon tuntutannya kepada manajeman KM Mutiara Sentosa I.

“Kami menuntut ke manajemen kapal agar diberangkatkan ke Jakarta via pesawat, karena tiket kereta kapi sudah hangus, sementara acaranya sudah dimulai hari ini, yang akan berlangsung sampai besok hari Senin,” paparnya. (q cox)

Reply