KPU Tanbu Gelar Acara Sosialisasi Pemilukada 2020

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar sosialisasi tentang tahapan serta Syarat dukungan dan Persebaran calon perseorangan calon Bupati dan wakil Bupati Tanah Bumbu 2019, sebagaimana hal tersebut telah ditetapkan KPU Tanbu pada Sabtu ( 26 Oktober 2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung PKK Tanbu pada Selasa (12/11), yang dibuka langsung oleh ketua KPU Makhruri, SE.

Dalam sambutannya, Makhruri mengatakan bahwa terkait kata Independen ini kurang tepat bila digunakan pada calon Bupati /Wakil Bupati yang tidak diusung oleh Partai politik.

“Didalam bebagai kajian kata independen ini kurang tepat bila digunakan pada calon diluar partai atau calon dari perseorangan, jadi yang paling benar gelar untuk mereka adalah calon perseorangan”ungkap Makhruri.

Selanjutnya sambung Makhruri Pemaparan sosialisasi akan disampaikan oleh komisioner KPU Tanbu yakni Daswoto,ST dari Divisi Teknis dan Drs. Faisal Riza dari Divisi Parmas.

“Tahapan yang telah ditetapkan KPU Tanbu pada Pemilihan Bupati dan wakil Bupati mengacu pada PKPU 15 tahun 2019″ujarnya

Persebaran dukungan calon Bupati dan Wakil Bupati sebagaimana PKPU 3 tahun 2017 adalah tersebar dilebih dari 50% jumlah kecamatan yang ada di kabupaten, maka memaknai lebih dari 50% dimaksud jumlah dukungan setidaknya tersebar di 6 kecamatan dari 10 kecamatan yg ada di Tanbu.

Syarat jumlah dukungan calon Bupati dan wakil Bupati sebagaimana diatur dalam PKPU 3 Tahun 2017 bahwa jumlah dukungan mengacu pada DPT Pemilu sebelumnya atau Pemilu terakhir yang mana bila jumlah DPT dimaksud kurang dari 250.000 pemilih maka 10%.

Dari jumlah DPT terakhir padla Pemilu 2019 yakni berjumlah 236.987. adapun 10% dari jumlah tersebut memperoleh hasil pembulatan menjadi 23.699.

“Maka syarat jumlah dukungan paling sedikit adalah 23.699 dukungan untuk calon perseorangan yang dimuat dalam formulir B1 KWK”Sebut Makhruri.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut adalah Mantan Wakil Bupati Tanbu Periode 2010 – 2015 Drs. Difriadi Darjat, Mila Karmila Bakalan Calon Bupati Tanbu, serta Mahyudin, SE. Bakalan Calon Bupati Tanbu dari jalur perseorangan. (q cox, Imran)

Reply