Laga Piala Presiden Digelar di Stadion GBT, Ini Respon Wisnu Sakti Buana

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Laga perdana Grup C Piala Presiden yang mempertemukan Persebaya versus PS TNI akan digelar besok Kamis (18/1/2018) sore. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sebagai venue utama di grup ini sudah dinyatakan siap setelah banyak pembenahan.

Persoalan parkir dan akses masuk sempat menjadi momok pada laga perhelatan terakhir (Celebration Day) di Gelora olahraga yang dikelola Pemkot Surabaya ini. Akibatnya ratusan penonton harus terhambat jalannya untuk menuju stadion.

LOC Chairman Piala Presiden Venue Surabaya Wisnu Sakti Buana dalam presscon Rabu (17/1/2018) menyatakan GBT sudah siap secara penuh. Pihaknya telah melakukan sejumlah pembenahan dan pematangan GBT.

“Problem saat itu adalah lahan parkir. Yang biasa parkir ada di sirkuit tapi di tutup. Tapi semua sudah kita perbaiki. Kita urug lahan baru untuk parkir,” ujar pria yang juga menjabat Wakil Wali Kota Surabaya ini.

Pemkot Surabaya telah memperluas ketersediaan lahan parkir. Terdapat beberapa titik lahan parkir baru yang dapat ditempati para penonton dan Bonekmania. Pengunjung bisa parkir kendaraan di depan parkir indoor dan di depan masjid dan juga di sisi timur stadion. Lahan parkir baru itu diperkirakan bisa menampung hingga 11-15 ribu kendaraan.

Panitia, pemkot Surabaya serta Polrestabes Surabaya juga akan mensterilkan seluruh bahu jalan yang menuju stadion. Pengunjung tidak diperbolehkan parkir di bahu jalan. Begitu pula para pedagang PKL yang berjualan di bahu jalan dipindahkan dekat barikade.

“Semua pedagang kaki lima sudah kita pindahkan dalam barikade. Jadi kalo nanti setengah main pertandingan, penonton tidak perlu turun barikade tapi bisa beli makanan dan minuman lebih dekat,” ujar Wisnu.

Tak hanya itu, panitia juga bekerja sama dengan Polrestabes Surabaya untuk mengatur rekayasa lalu-lintas sekitar GBT menjelang pertandingan hingga pemulangan penonton. Sedikitnya ada 2222 personel keamanan gabungan yang bertugas.

Nantinya, pada Kamis (18/1/2018) mulai jam 12.00 akan diberlakukan satu arah mulai jalan raya Kecamatan Pakal menuju ke stadion.

Sedangkan dari Jalan Romokalisari juga hanya diperbolehkan kendaraan masuk yang menuju stadion.

“Mulai jam 12 siang sampai selesai pertandingan baru dibuat sebaliknya. InsyaAllah dengan rekayasa ini arus kendaraan bisa lancar,” ujar Ketua DPC PDIP Surabaya ini.

Wisnu menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan elemen penting kainnya, seperti Hidran stadion yang sempat rusak telah diperbaiki. Termasuk pula suplai air bersih untuk sanitasi.

“Tandon air sudah kita penuhi. Suplai air PDAM juga sudah diperbesar,” imbuhnya.

Untuk fasilitas lainnya, GBT juga menyiapkan musala di tiga titik di area stadion. Para Bonekmania yang berada di luar stadion juga akan diberikan screen atau layar besar agar bisa menikmati pertandingan live.

Wisnu mengungkapkan hingga preskon tadi siang, sudah 10.000 tiket yang terjual. Panitia menyediakan 40.000 tiket dari kapasitas 55.000 penonton. Hal ini guna menghindari membludaknya penonton stadion.

“Kami cukup senang menjadi tuan rumah grup C Piala Presiden. Kami persiapkan semaksimal mungkin. Kami siap bila laga besar lain dihelat di sini,” pungkasnya.(q cox)

Reply