Libatkan Taruna, Praja dan Mahasiswa, Pemkab Jember Gelar Latsitarda ke XXIX

JEMBER (Suarapubliknews) – Pemerintah Kabupaten Jember akan melibatkan para taruna, praja, dan mahasiswa yang menjadi peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) XXIX tahun 2019 di Kabupaten Jember, dalam program Pemerintah.

“Mereka akan dilibatkan pada program penyelesaian adminduk yang sekarang sedang tren di masyarakat yaitu menyelesaikan masalah KTP, KIA, serta isbat nikah,” terang Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR usai menjadi inspektur upacara penyambutan peserta Latsitarda di Alun-alun Jember, Selasa (02/4/19).

Latsitarda kali ini melibatkan 300 taruna akademi militer dan kepolisian, praja IPDN, serta melibatkan 25 mahasiswa.Bagi bupati, ini merupakan sinergi yang baik.

Bupati memaparkan,peserta akan mengikuti kegiatan Latsitarda selama dua minggu. Mereka juga akan menjalankan kegiatan-kegiatan fisik yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

Kegiatan fisik tersebut diantaranya pembangunan sanitasi, jamban, maupun rehap musholla. “Sehingga kehadiran Latsitarda benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” ujar bupati.

Kegiatan non fisik juga menjadi bagian aktifitas peserta. Seperti sosialisasi masalah bahaya narkoba, wawasan kebangsaan, dan bela negara.

“Sungguh sangat tepat kalau para taruna ini yang masuk pada anak-anak muda, karena sama-sama muda,” ungkap orang nomor satu di Jember ini.

Menurut bupati, kegiatan yang diikuti para peserta dalam Latsitarda ini menjadi ajang untuk membangun sinergi. Sebab, kelak mereka tidak bisa berjuang sendiri-sendiri. Mereka harus bersinergi.

“Latsitarda ini bisa menjadi ajang latihan bagi mereka, bersama masyarakat, di tengah masyarakat untuk masyarakat,” tutur Bupati Faida.

Bupati berpesan, mereka perlu memahami peran atau kegiatan yang efektif untuk masyarakat. Karena, masyarakat berharap taruna dan praja bisa menyelesaikan persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Dalam menjalankan berbagai kegiatan selama dua minggu kedepan, bupati berharap jiwa kepemimpinan dalam diri para peserta dapat terwujud. (q cox, Thr)

Reply