Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Tanbu Resmi Dikukuhkan

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Berlangsung di Mahligai Bersujud Kecamatan Simpang Empat, Jumat (4/10/19) digelar pengkuhan Ketua beserta Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Bumbu.

Selaku Mabicab Tanbu yang dilantik adalah H. Sudian Noor. Bupati Tanah Bumbu ini resmi dikukuhkan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Propinsi Kalimantan Selatan Hj. Raudhatul Jannah. S.Km.

Usai pelantikan Mabicab, H.Sudian Noor sekaligus melantik Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem di kesempatan yang sama.

Dikatakan Ketua Kwarda, komitmen yang kuat ditunjukan Mabicab dan Kwarcab Tanah Bumbu kepada gerakan Pramuka di Kalimantan Selatan, yakni sebuah kekompakan dan mau menunjukan loyalitasnya terhadap pimpinan.

“Saya menyampaikan apresiasi yang tak terhingga atas terselenggaranya pengkuhan hari ini, dengan itu sudah menunjukkan kuatnya komitmen kita kepada gerakan Pramuka di Kalsel. Kita harus terus bergerak dalam upaya melakukan revitalitas dan aktivasi gerakan Pramuka di Banua tercinta ini, ” ucap Hj. Raudhatul Jannah dalam sambutannya.

Dia melanjutkan, gerakan Pramuka adalah organisasi gerakan kepanduan ditanah air yang lahir tanggal 14 Agustus 1961.

“Gerakan Pramuka merupakan perubahan nama dan gabungan dari organisasi kepanduan yang telah berdiri sejak jaman kolonial Belanda.Disitu tempat mendidik dan membina generasi muda agar mereka menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, memiliki kepribadian tangguh,terampil,sehat,kuat jasmani dan memiliki rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi,” imbuhnya.

Dia menambahkan, gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok untuk menumbuhkan tunas-tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik.

“Bertanggung jawab mampu berperan serta aktif dan positif dalam mengisi kemerdekaan, membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan nasional ,demi mencapai tujuan yakni masyarakat yang sejahtera,”jelasnya.

Di era globalisasi saat ini, menurut istri Gubernur Kalsel adalah era “Disruption” yang menunjukkan kecepatan dalam informasi namun cenderung memanjakan masyarakat. Sehingga menjadi tantangan baru bagi gerakan Pramuka.

“Melalui gerakan Pramuka,informasi dan kemajuan pengetahuan maupun perkembangan teknologi sekarang ini, haruslah dibarengi dengan kemampuan anggota gerakan Pramuka kita untuk mengetahui hal hal baru, agar mampu bersaing dan berkontribusi dalam perkembangan jaman,”ungkapnya.

Meski dengan kemajuan teknologi tersebut,Ketua TP PKK Provinsi Kalsel ini berharap kepada gerakan Pramuka menjadi yang terdepan mengajak para pemuda untuk menghindari dari maraknya Narkoba serta mengedukasi masyarakat tentang penyesatan informasi yang disebut Hoax.

“Melalui gerakan Pramuka, mari kita sama sama komitmen ambil bagian menyelematkan generasi muda tentang maraknya narkoba serta berita Hoax yang berpotensi memecah belah bangsa,” pungkasnya (q cox, Imran)

Reply