Bisnis

Manfaatkan Panas Gas Buang Semen Indonesia Tekan Emisi CO2

28
×

Manfaatkan Panas Gas Buang Semen Indonesia Tekan Emisi CO2

Sebarkan artikel ini

TUBAN (Suarapubliknews.net) – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) yang bekerjasama dengan JFE Engineering Jepang membangun Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG) di Pabrik Tuban.

Direktur Enjiniring dan Proyek Semen Indonesia, Tri Abdisatrijo mengatakan proyek WHRPG di Pabrik Tuban dilakukan diseluruh pabrik, yakni Tuban 1, 2, 3 dan 4. Proyek yang diinisiasi pada tahun 2014 ini merupakan WHRPG terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara yang mampu menghasilkan daya listrik sebesar 30,6 MW.

“Dalam operasionalnya, WHRPG tidak menggunakan batubara atau BBM, namun menggunakan panas dari gas buang operasional pabrik,” katanya saat mendampingi CEO Global Enviromental Center (GEC) Foundation Kunihiro Suga sebagai perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang serta Kepala Bidang Kedeputian Kerjasama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan Kemenko Perekonomian RI, Cahyadi Yudodahono.

Proyek pemanfaatan gas buang di Pabrik Tuban akan mengurangi emisi CO2 sebesar 122.358 ton pertahun, atau setara dengan penanaman 4.295 batang pohon trembesi di lahan seluas 96 hektar. Seperti kita ketahui bahwa pohon trembesi merupakan pohon terbaik dalam menyerap CO2, satu pohon trembesi mampu menyerap 28,5 ton CO2/tahun.

Sementara itu CEO Global Enviromental Center (GEC) Foundation Kunihiro Suga mengaku puas dengan hasil pembangunan WHRPG di pabrik Tuban. “Saya telah melihat sendiri dengan naik turun tangga, Proyek ini sudah dijalankan dengan baik dan akan kami laporkan hasil tersebut ke Pemerintah Jepang,” katanya.

Pembangunan WHRPG Pabrik Tuban merupakan kerjasama Pemerintah Indonesia dengan pemerintah jepang melalui skema Joint Crediting Mechanism (JCM). Pemerintah Jepang memberikan subsidi sebesar US$ 11 juta untuk pembangunan WHRPG ini. (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *