Mendag : Produk UMKM Layak Masuk Ritel Modern

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia mendorong Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) untuk memasukkan produk UMKM ke pasar ritel modern.

Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Enggartiasto Lukita dalam Bincang Bisnis Optimisme Perdagangan dan Ekonomi 2019 di gedung Spazio, mengatakan produk-produk UMKM punya potensi besar untuk dipasarkan ke seluruh Indonesia melalui jaringan ritel modern.

“Produk UMKM saat ini sudah layak untuk masuk ke pasar tersebut. Sesegera mungkin produk-produk itu bisa masuk ke minimarket maupun ritel modern lain. Karena UKM harus didorong untuk masuk ke pasar modern. Nah, begitu bisa penetrasi di domestik market, baru masuk ekspor,” katanya.

Dikatakan persaingan di pasar memang ketat namun potensinya sangat besar, sebab penduduk Indonesia juga terus meningkat. Dan pertumbuhan ekonomi terus membaik sekitar 5,06 persen sedangkan inflasi tetap terjaga diangka 3,1 persen.

“Negara lain saja berbondong-bondong ingin memasukkan produknya ke Indonesia. Maka UMKM pun harus menjadi besar di pasar dalam negeri, maka diperlukan sinergi yang baik antara UMKM dan ritel modern,” papar Enggartiasto .
Enggartiasto mengancam akan akan melawan siapa saja yang menghambat masuknya produk UMKM di pasar ritel modern tersebut. “Untuk UMKM kalau ada yang menghambat awas saja,” tegasnya. (q cox, Tama Dinie)

Reply