Nasional

Menkumham Yassona Laoly Tinjau Pembangunan Lapas Kotabaru dan Batulicin

14
×

Menkumham Yassona Laoly Tinjau Pembangunan Lapas Kotabaru dan Batulicin

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Yassona Laoly meninjau pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) baru di Kotabaru dan Batulicin yang progresnya sudah 90 persen

Saat berada di lokasi Lapas yang berlokasi di Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Hilir, Yassona Laoly meninjau beberapa Blok Hunian termasuk lapangan di sekitar Lapas .

Kepada awak media, Menkumham menyampaikan jika bangunnnya sudah rampung pihaknya akan mengajukan permohonan kepada Bupati Tanbu agar dapat segera digunakan, karena kondisi over kapasitas Lapas di Kotabaru

“Di Kotabaru itu saya anggap mengerikan sekali over kapasitasnya, dari 180 menjadi 800 dan juga sangat tidak prikemanusian kalau tidak kita carikan jalan keluarnya, apalagi masalah jaraknya Batulicin dan kotabaru terbentur biaya bagi keluarga sebagai pembesuk,” ucapnya.

Untuk mengatasi persoalan ini, Yasonna mengatakan jika di beberapa daerah yang turut memberikan bantuan hibah dari Pemerintah Daerah kepada sejumlah pembangunan lapas agar prosesnya pembangunan berjalan sesuai harapan.

Menurut dia, hal ini menunjukkan sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, yang memang lazim dilakukan.

“Kami tidak bisa berjalan sepenuhnya, tanpa batuan pemerintah daerah kerena kami juga punya dana yang terbatas dari APBN, tentunya wajar pemerintah daerah setempat berkontribusi untuk pembangunan Lapas kerena yang bakal di bina adalah rakyat kita juga, meskipun kita tidak mengharapkan rakyat kita berurusan dengan Lapas,” tandasnya.

Terkiat standar pembangunn Lapas, Menkumham menyatakan jika keberadaan Lapas baru yang sedang dibangu telah memenuhi kategori layak.

“Hanya saja ini belum dirapikan semua, namun setelah lapangannya diuruk, apalagi disekitar lapangan olahraganya dibuat taman atau penghijauan maka akan terlihat elok,” ungkapnya saat meninjau lokasi.

Menkumham berharap ada konsistensi kelanjutan pembangunannya mengikuti masterplan yang ada. “Disini saya sampaikan bahwa model pembangunannya hampir sama dengan daerah lain di Indonesia, namun saya berharap harus,” terangnya.

Diketahui, peninjauan Menkumham mulai tiba di Bandara Bersujud hingga ke pembangunan Lapas, dengan didampingi Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, Anggota DPR RI Syafrudin H Maming, Jum at (07/02/2020). (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *