Munculkan Destinasi Kencong Kota Tua, Jember Gelar Pandhalungan Spektakuler

JEMBER (Suarapubliknews) – Pemerintah Kecamatan Kencong Kabupaten Jember menggelar perhelatan Seni dan Budaya bertajuk “Kencong Pandhalungan Spektakuler” untuk mengangkat Destinasi Wisata “Kencong Kota Tua”.

Pagelaran ini dilaksanakan pada Minggu malam (28/4/19) di halaman parkir Dira Park Shopping and Center, dan terbukti mampu menyedot ribuan pengunjung dan antusiasme yang tinggi dari Masyarakat.

Sebelumnya pada Minggu pagi, Kencong Pandhalungan Spektakuler diawali dengan kegiatan senam lansia, jalan sehat, lomba mewarna dan melukis. Acara tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari kalangan Pejabat, Masyarakat dan Pelajar yang ada di Kecamatan Kencong.

Hadir pula drg.Abd.Rohim suami Bupati Jember dan Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Anas Ma’ruf yang tirut terlibat menyajikan beberapa tarian, teater dan pertunjukan lainya, yang melibatkan para siswa Sekolah, Sanggar Tari dan Seni yang ada Kencong.

Satu diantaranya adalah Tari Remong yang ditampilkan dengan apik oleh siswa SMK PGRI 05 Kencong. Kemudian tari Barongsai dibawakan sempurna oleh Siswa SD Muhammadiyah 1 Kencong.

Selain itu juga disisipi acara peragaan Busana Draping Batik yang di tampilkan oleh Siswa SMK Islam As-Shufiyah,Tari Gandrung dari Siswa SMP Negeri 2 Kencong.

Tidak ketinggalan, pertunjukan Teater Poci dari SMA Negeri Kencong yang mengangkat kisah Putri Jambe Arum dan masih banyak pertunjukan pentas seni lainnya yang tak kalah hebohnya hingga penampilan Campursari Suryo Budoyo sebagai sajian penutup.

“Sebenarnya di Kencong ini banyak potensi yang bisa di gali, baik seni maupun budaya yang di kembangkan dan di pelihara untuk generasi bangsa,” ucap Anas Ma’ruf Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember.

Menurut dia, dengan event kali ini Multy Player Efeknya yang diharapkan, semisal UKM bisa tampil, produknya bisa dikenal dan laris manis, dan juga Dira Park akan dibanjiri pengunjung.

“Agar kegiatan ini bisa berlangsung secara rutin karena antusias dari masyarakat dan melihat potensi ekonomi yang bisa di dapat dari masyarakat sekitar bisa berkelanjutan secara rutin,” harap Anas.

Hal yang sama di ungkapkan Camat Kencong Susmiadji, pihaknya mengucapkan Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini terutama Dira Park, karena Pandhalungan Kencong Spektakuler dinilai sangat luar biasa.

“Antusias sekali masyarakat, kita mengangkat tema Kencong Kota Tua sebagai ikonya,” tandasnya

Camat Susmiadji mengaku jika pagelaran ini merupakakan wujud bahwa masyarakat Kencong mendukung seratus persen program Bupati terkait destinasi program Budaya di Kabupaten Jember.

“Karena kita belum pernah menghadirkan orang sebanyak itu,baru sekarang ini,” pungkasnya.

Kedatangan Suami Bupati yang akrab disapa Abah Rohim pada acara tersebut juga di manfaatkan untuk berbagi kepada sesama, yakni membagikan bingkisan uang kepada puluhan anak Yatim Piatu dan Fakir Miskin yang ada di Wilayah Kencong. (q cox, Thr)

Reply