Jatim Raya

Ngabuburit Bareng Nelayan, Gus Ipul Komitmen Bantuan Alat Tangkap Ikan

8
×

Ngabuburit Bareng Nelayan, Gus Ipul Komitmen Bantuan Alat Tangkap Ikan

Sebarkan artikel ini

GRESIK (Suarapubliknews.net) – Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), kembali menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan di Jawa Timur.

Komitmen ini kembali disampaikan kala kandidat yang berpasangan dengan Cawagub, Puti Guntur Soekarno ini mengunjungi kampung nelayan di Desa Karangkiring, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Minggu (20/5/2018).

Pada dasarnya, pihaknya mendorong penghasilan produksi para nelayan harus bisa bertambah. Di antara caranya melalui pemuktahiran alat tangkap ikan.

Gus Ipul menjelaskan, bahwa meskipun hasil tangkapan ikan meningkat, nelayan diharapkan tetap mengedepankan cara tangkap yang ramah lingkungan.

“Jangan sampai menggunakan alat tangkap ikan yang merusak alam. Bukan hasilnya yang melimpah, malah bisa habis,” katanya.

Untuk itulah, kedepan pemerintah provinsi akan membantu pengadaan alat tangkap nelayan ramah lingkungan.

“Misalnya, dengan penambahan teknologi. Mulai dari alat komunikasi, navigasi (GPS), hingga pelampung sebagai alat keamanan nelayan,” jelasnya.

Selain itu, untuk semakin meningkatkan potensi nelayan, Gus Ipul juga ingin memberdayakan para istri mereka melalui menjual produk olahan jadi.

“Ada aspirasi dari para nelayan untuk mengembangkan bahan baku dari sektor perikanan. Ini sebuah usulan yang bagus,” kata Gus Ipul.

“Kedepan, harus dilanjutkan dengan memberikan pelatihan kepada ibu-ibu di kampung ini agar bisa mengolah ikan hasil tangkapan supaya nelayan tidak menjual produk mentah melainkan produk jadi,” ujarnya.

Misalnya, dengan membuat produk ikan dalam kemasan. “Hal ini akan sekaligus memperdayakan para istri nelayan. Sehingga, para istri nelayan akan sekaligus menambah income keluarga,” imbuhnya.

Tak hanya itu, untuk menjaga kesejahteraan nelayan, ia juga ingin memastikan para nelayan menjadi peserta asuransi.

Pemerintah akan membantu sebagian dari kewajiban premi para nelayan. “Kami ingin masa depan nelayan terjamin,” ujarnya.

Gus Ipul juga mengapresiasi kampung nelayan yang bersih dan nyaman. Di lokasi tersebut, Gus Ipul juga melaksanakan ibadah sholat Ashar. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *