Nyatakan Potensi Start-up Business di Jatim Luar Biasa, Gus Ipul Sanjung Banyuwangi

MALANG (Suarapubliknews.net) – Harapan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) jika Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur untuk mendorong hadirnya berbagai inovasi, sebenarnya sudah mulai dilakukan di Jatim.

“Apa yang diungkapkan Jusuf Kalla sangat menarik dan saat ini sudah mulai dilakukan di Jatim. Potensi start-up business di Jatim luar biasa. Ke depan tugas kita bersama mengakselerasi pertumbuhannya,” kata Gus Ipul menanggapi harapan JK tersebut di Malang, Senin (4/12/2017).

Menurutnya, inovasi teknologi yang terus berkembang saat ini menjadi bagian penting bagi kemajuan bangsa. Oleh karena itu, inovasi teknologi wajib menghasilkan sebuah nilai tambah bagi ekonomi suatu daerah.

Karena itu, sudah saatnya pemerintah daerah kini terbuka pada inovasi yang dilakukan banyak start-up untuk membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat, sehingga terwujud pemerintahan kolaboratif. Misalnya, bagaimana Kabupaten Banyuwangi menggandeng sejumlah start-up business guna menyelesaikan problem publik.

“Di sana Gojek digandeng untuk antar obat ke pasien miskin. Banyuwangi juga menggandeng start-up teknologi pendidikan kelas dunia untuk membantu anak-anak miskin belajar, jadi tidak hanya anak orang kaya yang bisa akses les tambahan,” paparnya.

Apa yang dilakukan Banyuwangi, lanjutnya, adalah rintisan yang kelak bisa diimplementasikan oleh Pemprov Jatim. Yang terbaru, UMKM di Banyuwangi ini akan dihubungkan dengan start-up teknologi finansial atau fintech untuk dapatkan pembiayaan yang bisa lebih kompetitif daripada perbankan.

“Bahkan, kita akan undang banyak start-up Jatim dan nasional untuk duduk bareng, agar bisa berkolaborasi membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan-permasalahan rakyat, mulai dari pertanian, tata kota, UMKM, kesehatan, sampai pendidikan,” tandasnya. (q cox, Wb)

Reply